Search

​Tim OTT Polri Tangkap 6 Orang Tersangka Pungli di Kemenhub

Salah satu barang bukti yang disita dalam OTT di KemenHUb
Salah satu barang bukti yang disita dalam OTT di KemenHUb

JAKARTA, REPORTASE – Operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Tim Gabungan Polda Metro Jaya bersama Mabes Polri pada Selasa (11/10) sekitar pukul 15.00 Wib tadi, menangkap enam orang. Di antata yang ditangkap adalah oknum pejabat perizinan satu atap bidang transportasi laut Kemenhub.

Selain oknum pejabat yang belum diketahui namanya itu, juga mengamankan beberapa tersangka lainnya, termasuk satu orang calo.

Sejumlah dokumen yang terkait dengan praktek pungli, serta 15 unit telpon seluler juga ikut diamankan petugas.

“Salah satu yang ditangkap pejabat di bagian perizinan satu atap bidang transportasi laut,” ujar Ali, salah seorang staf Kemenhub saat dikonfirmasi Reportasenews.com.

Dalam OTT di lantai 6 dan lantai 12 Gedung Karya Kemenhub tersebut, petugas juga mengamankan uang tunai puluhan juta rupiah, yang diduga uang pungli perizinan.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mengatakan, terungkapnya praktek pungli di Kemenhub ini berawal dari tertangkapnya satu orang. Dari situ dilakukan pengembangan hingga menangkap beberapa oknum pejabat operasional dan calo.

Menurut Tito, ada 152 jenis perizinan yang diduga menjadi objek perpunglian di Kemenhub. “Mulai dari izin pengukuran panjang kapal, berat kapal dan masih banyak lagi item-item yang lain. Kasihan sekali masyarakat pemilik kapal yang mau melaut tapi izinnya dipersulit dan harus bayar pungli,” kata Kapolri.

Praktek pungli itu meliputi berbagai  perizinan laut dan udara. OTT tersebut dilakukan setelah Menteri Perhubungan, Budi Karya berkordinasi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sejak sebulan yang lalu, tentang adanya sejumlah indikasi kuat praktek pungli perizinan di Kemenhub.

” Atas instruksi Pak Presiden kita langsung lakukan operasi yang melibatkan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya,” ujar Jenderal Tito Karnavian.(Tjg)

 




Loading Facebook Comments ...