Search

11 Pelaku Peredaran Narkoba Dibekuk Reserse Narkoba Polda Kalbar

para tersangka peredaran kasus narkoba saat diamankan di Mapolda Kalbar. (foto;das)

Pontianak, reportasenews.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu 852,45 gram, 753,54 gram jenis ganja, dan sebanyak 23 butir pil ekstasi.

Pemusnahan barang bukti narkoba dengan jumlah tersangka 11 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 4 orang perempuan ini dipimpin langsung Direktur Resnarkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Yohanes Hernowo dan dihadiri kepala BNN Provinsi Kalimantan Barat, dan pihak kejaksaan.

Sebelum dimusnahkan, barang bukti narkoba ini dilakukan pengujian agar menyakini publik jika barang bukti yang disita benar narkoba golongan satu.

Usai di uji dengan metode pemberian zat kimia oleh petugas laboratorium BNNP Kalbar, Direktur Resnarkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Yohanes Hernowo langsung mengambil sekantong barang bukti narkoba ini untuk dimasukan ke mobil incinerator, yang dapat membakar senyawa narkoba berbahaya hilang.

Diresnarkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Yohanes Hernowo, mengatakan dari 11 tersangka dengan sejumlah barang bukti yang disita adalah bagian dari sindikat pengedar narkoba yang berbeda. Setidaknya ada 9 kasus dimana kasus-kasus penyalahgunaan narkoba ini dimulai diungkap pada 29 Juni 2020 hingga terakhir pada 16 Agustus 2020.

Direktur Resnarkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Yohanes Hernowo , kepala BNN Provinsi Kalimantan Barat, dan pihak kejaksaan.saat gelar barang bukti narkoba sebelum dimusnahkan. (foto:das)

“Ini membuktikan narkoba masih menjadi ancaman dan tentu akan kita terus perangi, terlebih pengawasan terhadap masuknya narkoba dari pintu masuk ke Kalbar dari jalur perbatasan negara akan semakin diperketat. kami akan terus bersinergi dengan BNNP Kalbar maupun instansi lainnya untuk mengejar siapapun pelaku penyalahgunaan narkoba ini,” tegas Yohanes Hernowo, kepada wartawan di Markas Reserse Narkoba Polda Kalbar, Kamis (27/8/2020).

Yohanes menyebut peran dari 11 tersangka yang berhasil ditangkap ini berbeda-beda, ada 7 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

“Dengan ditangkapnya para pelaku penyalahgunaan narkoba ini, dengan jumlah barang bukti sebanyak itu, jumlah jiwa yang diselamatkan 8.373 jiwa dengan estimasi pemakaian narkoba untuk 1 gram sabu adalah 8 jiwa, 1 gram ganja adalah 2 jiwa, dan 1 butir ekstasi adalah 2 jiwa,” bebernya.

Yohanes Hernowo menegaskan pihaknya tidak akan kendor meski di tengah pandemi Covid 19 untuk terus memerangi peredaran narkoba di Kalimantan Barat, karena penyalahgunaan narkoba saat ini tiap tahun selalu meningkat, meski harga narkoba juga terbilang tinggi tetapi tetap saja ada pelaku-pelaku yang bermain dengan peredaran hingga penyalahgunaan narkoba ini. (das)




Loading Facebook Comments ...