Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Niaga · 25 Mei 2017 19:00 WIB ·

143 Pasangan Nikah Massal Diarak Naik Becak


					Peserta nikah massal di Situbondo diarak menggunakan becak. (foto: fat) Perbesar

Peserta nikah massal di Situbondo diarak menggunakan becak. (foto: fat)

Situbondo, reportasenews.com – Sebanyak 143 pasangan suami istri yang tersebar pada 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo, melakukan nikah massal gratis, yang diselenggarakan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) Situbondo, Kamis (25/5).

Usai prosesi akad nikah 143 pasangan itu lalu diberi buku akta nikah. Buku nikah itu diserahkan secara simbolis oleh Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono, terhadap para perwakilan pasangan yang nikah di Gedung Serba Guna Situbondo.

Menariknya, sebelum buku nikah diserahkan, ratusan peserta nikah massal gratis LPM Merak Situbondo, diarak dengan menggunakan becak dari Alun-alun Kota Situbondo menuju Gedung Serba Guna, Situbondo.

Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono mengaku sangat mengapresiasi kegiatan nikah massal ini.

”Secara pribadi maupun secara lembaga, saya sangat mengapresiasi terhadap LPM Merak, yang telah melaksanakan proses itsbat massal terhadap pasutri kurang mampu, sehingga mereka menjadi pasutri yang sah menurut hukum negara,” kata AKBP Sigit Dany Setiyono, Kamis (25/5).

Ketua LPM Merak Situbondo Kamarul Muniri mengatakan, sangat bersyukur suksesnya kegiatan nikah massal gratis ini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pasutri kurang mampu, sedangkan dana yang gunakan untuk prosesi nikah massal ini merupakan murni merupakan swadaya anggota LPM Merak,” katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan nikah massal gratis ini, LPM Merak bekerja sama dengan Kantor Kemenag Situbondo, Kantor Pengadilan Agama (PA) Situbondo dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Situbondo.

”Selain mendapat buku nikah, para peserta juga mendapat E-KTP, kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran gratis dari LPM Merak,” ujar pria yang akrab dipanggil Arul.

Arul menambahkan, sebelum menyerahkan buku nikah, ratusan pasutri kurang mampu itu melakukan ijab kabul pada empat tempat yang berbeda di Kabupaten Situbondo.

Hadir dalam penyerahan buku nikah terhadap peserta nikah massal gratis LPM Merak, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Situbondo, Syaifullah selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Situbondo, Ketua MUI Situbondo KH Syaiful Muhyi dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Situbondo.(fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Aksi Kemanusiaa untuk Palestina Merdeka

6 April 2024 - 05:50 WIB

Hadir di INACRAFT 2024, Batik Tulis Malam Sawit Sm-art Batik Akan Lakukan Demo dan Edukasi Membatik dengan Malam Sawit

26 Februari 2024 - 15:46 WIB

Eks Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

26 Desember 2023 - 14:48 WIB

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Pengeroyokan dan Pembacokan di Besuki

24 Desember 2023 - 18:48 WIB

BNPT RI Perkenalkan Program Deradikalisasi Kepada Delegasi Belgia

18 Oktober 2023 - 18:31 WIB

HAUS Cosmetic Akan Manjakan Pengguna Produk Skinecare di Indonesia

8 Oktober 2023 - 23:39 WIB

Trending di Niaga