Search

188 ABK Kapal Pesiar World Dream akan Ditempatkan di Pulau Sebaru untuk di Observasi

Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu, Jakarta. (foto:istimewa)

Jakarta,reportasenews.com – Pemerintah akan menempatkan 188 ABK kapal pesiar world dream ke pulau Sebaru, sebuah pulau kecil di kawasan Kepulauan Seribu Jakarta Utara. Meski ke 188 ABK ini telah dinyatakan negatif, namun langkah ini diambil sebagai prosedur tetap yang dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia (WHO dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Ke 188 orang ABK kapal pesiar World Dream saat ini berada di KRI Soeharso untuk selanjutnya  akan dibawa ke Pulau Sebaru Kecil untuk dilakukan Observasi untuk mengantisipasi resiko penyebaran virus corona  selama 14 hari ke depan.

Sebanyak 762 personel dari tim Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) telah ditugaskan untuk mengobservasi ke 188 WNI yang menjadi anak buah kapal (ABK) World Dream di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Tim ini berasal dari berbagai lintas sektor, yaitu TNI, Polri, BNPB, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri. Dari kementerian Kesehatan telah menugaskan 39 dokter spesialis untuk memeriksa kesehatan 188 ABK tersebut.

Dokter-dokter itu terdiri dari dokter spesialis paru-paru, dokter spesialis anestesi, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis jiwa, dokter spesialis jantung, dokter psikologi, sanetarian, hingga ahli kesehatan lingkungan.

Pulau Sebaru Kecil merupakan bekas tempat rehabilitasi para pecandu narkotika pada 2003-2007, dan berlanjut pada 2012, namun kini pulau ini kosong dan tidak ada aktivitas lagi. Sementara Pulau Sebaru Besar digunakan sebagai salah satu destinasi wisata. (*)




Loading Facebook Comments ...