Search

21 Kali Ejakulasi Dalam Sebulan Kurangi Resiko Kanker Prostat Bagi Pria

Prostat dalam kondisi normal dan ketika bengkak hebat
Prostat dalam kondisi normal dan ketika bengkak hebat

Amerika, reportasenews.com – Apakah aktifitas sex yang tinggi bagi pria akan membuat dia terbebas dari resiko kanker prostat? Menurut penelitian di AS, semakin sering ejakulasi maka semakin rendah resiko kena kanker prostat.

Periset mengikuti sekitar 32.000 pria mulai tahun 1992 saat berusia 20-an dan terus berlanjut sampai 2010. Selama periode ini, hampir 4.000 pria didiagnosis menderita kanker prostat.

Pria yang mengalami ejakulasi setidaknya 21 kali sebulan pada usia 20-an 19% lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis menderita kanker prostat daripada pria yang mengalami ejakulasi tidak lebih dari tujuh kali dalam sebulan, studi tersebut menemukan.

Pria yang mengalami ejakulasi lebih sering berusia 40-an 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan diagnosis kanker prostat.

21 ejakulasi sebulan itu lumayan banyak. Artinya, dalam seminggu seorang pria harus 5 kali ejakulasi, alias setiap hari harus melakukan hubungan sex. Punya istri satu bisa mengomel jika setiap hari suami merengek meminta “jatah ejakulasi” demi alasan kesehatan prostat untuk sekian belas tahun kedepan?

“Frekuensi ejakulasi adalah, pada tingkat tertentu, ukuran status kesehatan secara keseluruhan pada pria pada akhir ejakulasi sangat rendah – 0 sampai 3 kali per bulan – lebih cenderung memiliki masalah medis lainnya dan meninggal prematur akibat penyebab selain Kanker prostat,” kata penulis utama penelitian ini, Jennifer Rider, yang melakukan analisis saat bekerja di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston.

Kanker prostat menyumbang 15 persen dari semua diagnosis kanker baru di seluruh dunia, catat para peneliti dalam jurnal European Urology.

Faktor risiko yang dibentuk seperti usia, ras dan riwayat keluarga tidak “dapat dimodifikasi,” mereka menambahkan, dan ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat direkomendasikan bagi pria untuk menurunkan risiko.

Jadi kesimpulannya, tingkatkan frekuensi seks kalian wahai para pria. Daripada terkena kanker prostat, maka mendapatkan jatah seks paling tidak 21 kali sebulan adalah lebih “nyaman” dibanding terkapar dimeja operasi. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...