Search

218 PMI dan Non PMI Diberangkatkan dengan KM Dharma Rucitra 9

KM. Dharma Rucitra 9, kembali memberangkatkan 216 orang dari Pelabuhan Dwikora, Pontianak. (foto:das)

Pontianak, reportasenews.com – KM. Dharma Rucitra 9, kembali memberangkatkan 218 orang dari Pelabuhan Dwikora, Pontianak menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Rabu (10/6/2020)

218 orang yang diberangkatkan ini sesuai data yang diterbitkan oleh KSOP Pontianak yaitu  terdiri dari 55 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Mandiri, 83 orang PMI bermasalah  yang di tampung Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, dan 80 orang penumpang Non PMI, dan 19 orang sebagai sopir/kernet, dan 1 orang balita merupakan anak dari PMI dari Dinas  Sosial. PMI bermasalah ini sebelumnya dideportasi dari Malaysia karena pelanggaran izin kerja, tidak memiliki paspor dan masuk secara ilegal.

Asisten Operasi Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Rizaldi,S.E. bertindak selaku Asops satgas Angkutan Laut Pemulangan Pekerja Migran Indonesia / Tenaga  Kerja Indonesia meninjau  sekaligus mengawasi jalannya proses pemulangan para PMI/TKI, yang dikembalikan ke daerah asal menggunakan KM Dharma Rucitra 9.

Kapal KM. Dharma Rucitra 9 berjenis kapal Roro dinakodai oleh Hadi Widjoyo, dengan kapasitas muatan 7.262 GT, berbendera Indonesia.

Kapal ini dapat membawa sekitar 490 orang penumpang, dan mengangkut mobil atau truk sebanyak 25 unit, dan 100 unit mobil mini bus.

“Sebelum naik ke kapal para Pekerja Migran Indonesia/Tenaga Kerja Indonesia dari Pelabuhan Dwikora Pontianak tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dilakukan  medical check up Bebas Covid oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, bersinergi dengan Dinas Kesehatan Lantamal XII,” tegas Asisten Operasi Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Rizaldi.

Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI), ini sudah yang kesekian kalinya dilakukan oleh Satgas Penanganan Pekerja Migran Indonesia, dimana Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi sebagai Koordinator Satgas Angkutan Laut Pemulangan PMI/TKI  di wilayah Kalimantan Barat.

Jumlah kendaraan yang diangkut dalam pelayaran ini yaitu, 18 unit mobil truk, 4 unit mobil mini bus dan 1 unit sepeda motor, sedangkan berikut 216 penumpang. (das)




Loading Facebook Comments ...