Rabu, 18 Januari 2017

Prestasi Dan Nyali Sang Pemimpin Untuk Mewujudkan Mimpinya Menjadi Kenyataan

Prestasi Dan Nyali Sang Pemimpin Untuk Mewujudkan Mimpinya Menjadi Kenyataan
Panembahan Senopati / ilustrasi

 

Oleh: Kombes Pol Dr Chrysnanda DL

JAKARTA, REPORTASE – Pemimpin adalah pemimpin untuk  memperbaiki kesalahan masa lalu, siap dimasa kini dan menyiapkan masa depan yang lebih baik. Selain itu juga memiliki nyali dan keinginan besar mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan.

Proses pewujudan mimpi tersebut diimplementasikan melalui kepemimpinanya yang senantiasa berupaya menjadikan apa saja yang di bawah kepemimpinanya menjadi yang terbaik.

Pemimpin  yang tidak memiliki mimpi dan nyali mewujudkanya, dia bukan pemimpin. Dia hanya orang suruhan saja yang diperintah untuk memimpin. Otak dan hatinya tidak untuk menjadikan terbaik apa yang dipimpinya.

Mungkin semua yang dilakukan semu-semu saja atau hanya untuk menyenangkan ndoro-ndoronya semata. Perbaikan-perbaikannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atau bahkan bisamenjadi masalah baru.

Pikiran, perkataanya dan perbuatanya seringkali lebih tertuju pada berbagai kepentingan pribadi atau kelompoknya semata.

Prestasi sang pemimpin bisa dikategorikan sebagai berikut:

  1. Mampu menyatukan atau menyamakan persepsi untuk maju atau membangun atau melakukan apa saja dan dipercaya penuh oleh warganya.
  2. Mampu memberdayakan apa saja potensi-potensi yang ada untuk menjadi kemaslahatan hidup banyak orang
  3. Mampu memprediksi (melihat sesuatu baik dari segi positif maupun negatifnya), mengantisipasi (mencegah) dan memberikan solusi atas konflik dan masalah-masalah yang terjadi.
  4. Mampu memberikan motivasi, konsultasi bahkan tempat curhat bagi siapa saja.
  5. Senantiasa menginspirasi (kreatif, inovatif) selalu ada hal-hal baru sebagai terobosan kreatif.
  6. Mampu mentransformasi kompetensinya ke segala lini.
  7. Integritasnya terbukti dan teruji saat menggunakan kewenangan dan kekuasaanya.
  8. Karya-karyanya dibidang administrasi, operasional, fisik bangunan atau infrastruktur, sistem-sistem (soft ware dan hard ware), hukum dan peraturan-peraturan, dan sumber daya manusia yang berkarakter mampu menjadi unggulan dan layak dibanggakan.

Setidaknya itulah sosok sang pemimpin yg benar-benar sebagai Senopati Ing Ngalogo, Sayidin Panotogomo, Khalifatuloh.(Tjg)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...