Search

24 Replika Naga Ikuti Prosesi Buka Mata di Hari ke 13 Imlek di Kota Pontianak

Prosesi imlek di Pontianak, Kalimantan Barat. (foto:das)
Prosesi imlek di Pontianak, Kalimantan Barat. (foto:das)

Pontianak, reportasenews.com -Hari ini, 6 Februari 2020, sebanyak 24 replika naga mengikuti prosesi buka mata yang digelar di hari ke 13 setelah Imlek. Ritual naga buka mata ini setiap tahunnya di pusatkan di kelenteng tertua Kwan To Bio, Jalan Diponegoro, Kecamatan Pontianak Kota

Naga-naga tersebut wajib mengikuti ritual buka mata naga sebelum beratraksi pada perayaan Cap Go Meh 2571 di Kota Pontianak yang akan berakhir pada hari ke 15 Imlek 2571.

“Ritual buka mata ini adalah keharusan, sebelum naga naga diarak keliling kota untuk membersihkan segala pengaruh buruk, termasuk kemungkinan meredam atau mencegah masuknya virus Corona, kita sama sama berdoa akan virus mematikan ini tidak menyebar atau terjangkiti warga Indonesia khususnya warga Kalimantan Barat,” kata tokoh Tionghoa Kalbar, The Iu Sia, kepada wartawan.

Ritual naga buka ini diikuti sebanyak 24 naga dari 25 naga yang terdaftar di Panitia Cap Go Meh 2571 kota Pontianak. Selain naga, juga ada atraksi 20 barongsao yang juga akan diarak keliling kota bersamaan dengan atraksi naga. Menjelang malam terakhir pada hari ke 15 Imlek, atraksi naga akan memukau dengan naga bersinar pada malam hari.

Ritual tersebut dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 13 hari setelah Imlek, serentak di seluruh dunia.

Ritual naga buka ini dibacakan doa secara khusus oleh tatung di kelentang Kwan Tio Bio selanjutnya tatung mengizinkan naga naga ini beratraksi. Selain menghibur, ada makna khusus dari atraksi naga yakni mengusir segala pengaruh buruk yang dapat saja menimpa manusia.

Setelah semua rangkaian berakhir, replika naga yang telah mengikuti prosesi buka mata harus mengakhirinya dengan prosesi tutup mata, dan kemudian diakhiri dengan pembakaran naga untuk mengembalikan roh yang telah menganggu ketentraman manusia ke kahyangan. (das)




Loading Facebook Comments ...