Search

26 Rumah dan 112 Warga Mengungsi Akibat Kebakaran Besar di Pontianak

Kebakaran besar menimpa pemukiman padat di Jalan Parit Makmur, Siantan Hilir, kecamatan Pontianak Utara, kota Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (17/7) (foto das)
Kebakaran besar menimpa pemukiman padat di Jalan Parit Makmur, Siantan Hilir, kecamatan Pontianak Utara, kota Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (17/7) (foto das)

Pontianak,reportasenews.com – Kebakaran besar menimpa pemukiman padat di Jalan Parit Makmur, Siantan Hilir, kecamatan Pontianak Utara, kota Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (17/7) pukul 02.30 WIB.

TRC BPBD Kota Pontianak mencatat setidaknya 26 unit rumah permanen dan semi permanen di tiga gang berbeda yakni Gg.Sukses 1 RT.02 RW.40, Gg.Sukses 2 RT.03. RW.40 dan Gg.Teluk Jambrud 1 RT.01 RW.37,  ludes terbakar.

Sebanyak 112 jiwa dari 20 kepala keluarga kini mengungsi ke rumah tetangga.

Kebakaran besar yang terjadi tepat pada tengah malam menyebabkan sebagian korban kebakaran tidak sempat menyelamatkan harta benda. Teriakan meminta tolong memecah malam. Tim pemadam kebakaran mengerahkan seluruh armada dan personilnya untuk membantu warga memadamkan kobaran api.

Sebanyak 22 unit mobil pemadam kebakaran pemerintah kota Pontianak dan yayasan dikerahkan ke lokasi.Namun bahan bangunan yang mudah terbakar, menyebabkan api merembet cepat dan meluas ke bangunan lainnya.

Kepala Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kota Pontianak, Aswin Taufik mengatakan api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.00 WIB.

“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, sementara jumlah kerugian masih dalam konfirmasi,” kata Aswin.

Berdasarkan keterangan saksi api pertama kali muncul pada pukul 02.30 WIB. Akong, (48) warga Gang Sukses 2 RT 003 RW 040, saksi pertama terbangun saat hendak buang air kecil. Kemudian saksi melihat api yang sudah menyala dari lantai atas rumah mereka.

Karena api sudah membesar, saksi membangunkan anak-anaknya dan berlari keluar rumah untuk mengevakuasi menyelamatkan diri dan segera meminta pertolongan kepada warga sekitar.

Namun api semakin membesar dan meluas ke bangunan rumah warga lainnya.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran dan masih dalam proses penyelidikan Polsek Pontianak Utara dan Polresta Pontianak. (das)




Loading Facebook Comments ...