Search

38 Warga Situbondo Terjaring Razia Masker, Dua Orang Diantaranya PNS

Suasana sidang di tempat para pelanggar masker di Situbondo. (foto.fat)

Situbondo, Reportasenews – Sebanyak 38 orang warga Situbondo, terjaring razia masker yang dilakukan petugas  gabungan antara  Satpol PP, Polres, TNI, dan petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) serta  Pengadilan Negeri (PN) Situbondo, Senin (14/9/2020).

Ironisnya, dari jumlah total sebanyak 38 warga yang terjaring razia masker di Jalan Pemuda, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, tepatnya di depan Pasar Senggol, dua orang diantaranya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Situbondo. 

Namun, untuk memberikan efek jera terhadap para  pelanggar masker, mereka langsung disidang di tempat oleh Majelis Hakim dan Pantera PN Situbondo. Bahkan, para pelanggar masker tersebut  langsung diberi sanksi sosial, seperti  menyapu trotoar di depan Pasar Senggol, membaca Sholawat nariyah, dan membaca Pancasila. 

Ketua Pengadilan Negeri (PN)  Situbondo I Ketut Suarta mengatakan,  sidang di tempat dan pemberian  sanksi sosial terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker itu, bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat yang melanggar Inpres N0. 6 tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Situbondo  Nomor 45 Tahun 2020.

“Sidang di tempat bagi para pelanggar Perbup No. 45 Tahun 2020 baru pertama kali dilaksanakan. Namun, kami  tidak memberikan sanksi denda, melainkan memberikan sanksi sosial berupa menyapu selama 30 menit kepada para pelanggar,”kata I Ketut Suarta, Senin (14/9/2020).

Menurutnya, sebagai bentuk sosialisasi tentang pendisiplinan mengenakan masker sesuai Inpres Nomor 6 tahun 2020 dan Perbup Nomor 45 Tahun 2020, untuk sementara, petugas gabungan hanya memberikan sanksi sosial.”Namun, untuk ke depan, petugas gabungan akan memberikan sanksi denda antara Rp.50 ribu hingga Rp.150 ribu bagi para pelanggar masker,”bebernya. 

Sementara itu,  Kasat Satpol PP Kabupaten Situbondo Abd  Rasyid mengatakan, petugas gabungan sengaja melakukan razia masker. Itu dilakakan karena masih banyak masyarakat yang diketahui tidak disiplin dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Perbup 45 tahun 2020 ini sebagai upaya untuk mencegah dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Situbondo. Makanya, kami rutin melakukan razia masker,”katanya. 

Pria yang akrab dipanggil  Rasyid menegaskan, dalam menerapkan Perbup Nomor 45 Tahun 2020,  Satpol PP Kabupaten Situbondo tidak akan pandang bulu terhadap  para pelanggar protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Situbondo.  “Dua PNS yang terjaring razia masker tersebut juga kita beri sanksi sosial, yakni disuruh menyapu selama 30 menit,”pungkasnya.




Loading Facebook Comments ...