Search

409 Peserta Lanjut Usia, Ikut UNBK Kejar Paket C di Situbondo 

Peserta lanjut usia  mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kejar paket C setara SLTA di Kabupaten Situbondo. (foto:fat)
Peserta lanjut usia mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kejar paket C setara SLTA di Kabupaten Situbondo. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 409 peserta lanjut usia di Situbondo, mereka mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kejar paket C setara SLTA di Kabupaten Situbondo, Jumat (12/4/2019). Sedangkan pelaksanaan UNBK Tahun 2019, khusus untuk  kejar paket C setara SLTA di Kabupaten Situbondo tersebut,  dilaksanakan pada tujuh tempat penyelenggara di Kabupaten Situbondo.
Ketua Penyelenggaran UNBK Kesetaraan SLTA di SMK Negeri 1 Situbondo, Ummul Kamilah mengatakan, untuk tahun 2019 ini, tercatat sebanyak 409 peserta kejar paket C setara SLTA di Kabupaten Situbondo, dengan usia peserta antara 20 tahun hingga 55 tahun.”Khusus “Untuk pesert a didik kejar Paket C yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Situbondo, tercatat sebanyak  101 orang peserta,”ujar Kamilah, Jumat (12/4/2019).
Menurutnya, sebanyak 308  peserta UNBK kejar paket C yang lain itu,  dilaksanakan pada enam tempat penyelenggara, seperti di SMA Negeri 1 Besuki 27 peserta, MTs Nurul Huda Paowan 43 peserta, SMA Negeri 1 Kapongan 26 peserta, SMK Nuril Asror 40 peserta, SMK Negeri Panji 49 peserta.”Sedangkan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Asembagus itu, diikuti oleh  sebanyak 121 peserta,”bebernya.
Menurutnya, pada hari pertama pelaksanaan UNBK ini, para peserta mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia dan Geografi, masing-masing mata pelajaran (mapel) diberi waktu dua jam (120 menit).
“Pelaksanaan UNBK  mulai hari ini Jumat hingga Senin pekan depan, dengan rincian, setiap hari dua mata pelajaran,” ujarnya.
Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kecamatan Kendit, Situbondo, Muhammad Sulaiman mengatakan, peserta didiknya melaksanakan UNBK Kesetaraan SLTA digabung dengan dua PKBM lainnya di SMK Negeri 1 Situbondo.
“Umur peserta UNBK kesetaraan SLTA ini mulai dari 20 tahun hingga 55 tahun. Memang mayoritas peserta didik kami lanjut usia,”katanya.
Menurutnya, peserta UNBK kesetaraan SLTA ini sebelumya telah mengikuti simulasi UNBK agar para peserta yang rata-rata lansia ini tidak kesulitas saat mengerjakan ujian nasional berbasi digital.
“Menurut kami, para peserta sudah tidak canggung lagi, karena khusus peserta lanjut Usia, mereka sebelumnya mengikuti pelatihan komputer,” ujar Sulaiman.
Sementara itu, Samsul  Arifin (53), salah seorang peserta UNBK kejar paket C  mengaku bangga bisa mengikuti ujian nasional berbasis digital, karena dari semula tidak bisa mengoperasikan komputer, dengan mengikuti simulasi UNBK peserta lanjut usia tersebut mudah mengerjakan soal ujian.(fat)



Loading Facebook Comments ...