Search

Kejari Depok Tuntut Dua Penyalahguna Narkotika Secara Berbeda

Dua terdakwa kasus narkoba saat pengikuti sidang di PN Depok.
Dua terdakwa kasus narkoba saat pengikuti sidang di PN Depok.

Depok,reportasenews.com  – Meskipun dinyatakan sebagai penyalahgunaan narkotika bagi diri sendiri, dua terdakwa narkotika atas nama Dimas Seno dan Steven Ahcmadi dituntut secara berbeda oleh jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok di Pengadilan Negeri (PN) Depok. Terdakwa Dimas Seno dituntut selama dua tahun tiga bulan penjara sedangkan Steven Achmadi dituntut selama tiga tahun enam bulan penjara.

Dalam amar tuntutan yang dibacakan JPU Sri Wiyanti, terdakwa Dimas Seno dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri dalam bentuk tanaman sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika seperti dalam dakwaan kedua. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama dua tahun tiga bulan penjara. Menyatakan barang bukti berupa satu bungkus plastik bening berisikan bahan atau daun dengan berat netto  2,2670 gram dirampas untuk dimusnahkan.

Sementara itu JPU Rahmiwati dalam amar tuntutannya, menyatakan terdakwa Steven Achmadi terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri dalam bentuk bukan tanaman sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama tiga tahun enam bulan penjara. Menyatakan barang bukti berupa satu bungkus plastik bening berisolasi warna krem berisikan sabu dengan berat netto 0,0197 gram dirampas untuk dimusnahkan.

Terdakwa Dimas Seno dihadirkan ke persidangan lantaran pada Minggu (6/5/2018) sekira pukul 16.30 WIB saat terdakwa sedang nongkrong di bekas Pos Hansip di Jalan Tembus RT040/02 Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok tiba-tiba ditangkap oleh beberapa anggota polisi yang berpakaian preman dari Satuan Narkoba Polres Kota Depok. Selanjutnya dilakukan penggeledahan terhadap badan atau tempat terbuka/tertutup lainnya terhadap diri terdakwa ditemukan satu bungkus plastik klip bening berisi ganja di kantong celana sebelah kanan yang terdakwa gunakan. Lalu anggota yang menangkap menanyakan kepada terdakwa mengenai siapa pemilik satu bungkus plastik klip bening berisi ganja tersebut adalah milik terdakwa.

Sedangkan terdakwa Steven dihadirkan ke dalam persidangan dikarenakan pada Kamis (12/4/2018) sekira pukul 01.00 WIB membeli sabu dari Hendrik (DPO). Lalu terdakwa pulang ke rumah kontrakannya untuk mengkonsumsi sabu dengan menggunakan bong yang dibuat sendiri dari botol bekas aqua. Kemudian botol tersebut dilubangi sebanyak dua lubang lalu diisi dengan air putih dan dilubang tersebut dipasang dua buah sedotan. Selanjutnya sabu diletakkan di aluminium foil lalu dibakar kemudian asapnya dihisap melalui sedotan.

Setelah selesai menggunakan sabu kemudian terdakwa membakar alat penghisap sabu/bong di tempat sampah dan sisanya terdakwa simpan di kantong celana sebelah kiri. Sekira pukul 03.00 WIB saat terdakwa sedang nonton tv tiba-tiba dua anggota Satnarkoba Polresta Depok masuk ke rumah kontrakan terdakwa dan menangkap serta menggeledah terhadap diri terdakwa dan menemukan satu bungkus plastik klip bening berisi Kristal warna putih yang diisolasi warna krem di kantong celana depan sebelah kiri untuk diamankan dan diproses lebih lanjut. (jan/ltf)




Loading Facebook Comments ...