Search

Diguncang Gempa 6,4 SR, Sebanyak  15  Bangunan Rusak Ringan di Situbondo  

Salah satu bangunan mengaami retak, akibat guncangan gempa 6,4 SR di Situbondo. (foto:fat)
Salah satu bangunan mengaami retak, akibat guncangan gempa 6,4 SR di Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Gempa berkuatan 6,4 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Kabupaten Situbondo, mengakibatkan sejumlah rumah  dan toko milik warga yang tersebar pada 10 kecamatan di Kabupaten Situbondo, mengalami rusak ringan,  dengan kondisi tembok bangunannya retak dan plafon terjatuh, Kamis (11/10/2018).

Selain mengakibatkan rumah milik warga mengalami rusak ringan, namun gempa  yang terjadi pada Kamis (11/10/2018) dinihari, juga bangunan beberapa fasilitas umum, seperti  bangunan gedung sekolah dan mushala  juga mengalami rusak ringan di Kabupaten Situbondo.

Diperoleh keterangan, berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Situbondo, terdampak gempa di Kabupaten Situbondo tercatat sebanyak 15 bangunan. Dengan rincian,  10 rumah milik warga, 1 bangunan Polindes, 1 Puskemas Pembantu (Pustu), 2 tempat ibadah atau musalla, dan 2  bangunan bangunan sekolah.

Sedangkan sebanyak 15 bangunan, baik rumah milik warga maupun fasilitas umum, seperti musalla, polindes, pustu  dan gedung sekolah itu, tersebar pada 10  kecamatan di Kabupaten Situbondo.  Masing-masing adalah, Kecamatan  Banyuputih, Arjasa, Kapongan, Mangaran, Panji, Kota, Panarukan, Bungatan, Mlandingan dan Kecamatan Banyuglugur, Situbondo.

“Sebanyak 15 bangunan yang mengalami rusak ringan itu, merupakan hasil pendataan dari petugas Pusdalop BPBD Kabupaten Situbondo dari 10 kecamatan di Kabupaten Situbondo, ada kemungkinan  rumah rusaak akaan bertambah, karena petugas nasuh melakukan pendataan di lapangan, ”ujar Puryono, koordinator Pusdalop BPBD Kabupaten Situbondo, Kamis (11/10/2018).

Sementara itu, Wabup  Situbondo Yoyok Mulyadi mengatakan, gempa bumi dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR) ini merupakan gempa  yang  cukup besar terjadi  di Kabupaten Situbondo.”Masyarakat  tentu sangat kaget dengan kejadian dengan kejadian gempa ini,”ujar Wabup Yoyok Mulyadi.

Menurutnya, setelah gempa mengguncang Kabupaten Situbondo, pihaknya bersama sejumlah ASN dan masyarakat Situbondo langsung melakukan penyisiran ke sejumlah tempat yang ditengarai menjadi terdampak gempa.”Dengana tujuan  untuk melihat langsung terdampak gempa di Situbondo, dan Alhamdulillah  dampak gempa sangat kecil di Kabupaten Situbondo. Meski  demikian, saya  tetap menghimbau kepada para Kades, Camat dan Kapolsek di Kabupaten Situbondo, untuk tetap melaporkan, jika diwilayahnya ada yang menjadi terdampak gempa,”pungkas Wabup Yoyok Mulyadi.(fat)




Loading Facebook Comments ...