Search

460 Warga Situbondo Menjalani Operasi Katarak Gratis

Sebanyak 460 orang penderita katarak pada 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo, menjalani operasi katarak gratis,  yang dilaksanakan oleh  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) Situbondo. (foto:fat)
Sebanyak 460 orang penderita katarak pada 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo, menjalani operasi katarak gratis, yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com

Sebanyak 460 orang penderita katarak pada 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo, menjalani operasi katarak gratis,  yang dilaksanakan oleh  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Merangkul Rakyat Kecil (LPM Merak) Situbondo, Jawa Timur,  Senin (17/9/2018)

Selain itu, sebanyak 1500 orang juga mendapat pelayanan pengobatan mata dan pemberian kacamata secara  gratis. Bahkan, sebanyak  60 orang warga di Kota Situbondo, mereka juga menjalani  operasi protesa atau pergantian bola mata palsu di GOR Baluran Situbondo, Jawa Timur.

Kegiatan sosial LPM Merak Situbondo berupa operasi katarak, pelayanan  pengobatan mata  dan pemberian kacamata gratis tersebut, LPM  Merak  Situbondo  melakukan kerjasama  dengan Yayasan John Fawcett Foundation (JFF) Bali, dan  dibuka secara resmi oleh Bupati Situbondo Dadang Wigiarto.

Usai membuka kegiatan sosial secara gratis  LPM Merak Situbondo,  Bupati Situbondo  Dadang Wigiarto mengatakan,  jika  dalam melakukan kegiatan sosial secara gratis   di  bidang kesehatan mata ini,  LPM Merak Situbondo   tidak menggunakan APBD, melainkan  melakukan kerjasama dengan Yayasan JFF.”Sehingga   kegiatan sosial secara gratis ini dapat mengendalikan terjadinya inflasi APBB Kabupaten  Situbondo, karena tidak menggunakan APBD Kabupaten Situbondo, sehingga APBD Kabupaten  Situbondo dapat digunakan ke bidang yang lain,”kata Bupati Dadang Wigiarto.

Bupati  Situbondo Dadang Wigiarto menegaskan,  karena cuaca di Kabupaten Situbondo cukup panas dan berpotensi untuk munculnya penderita penyakit  katarak baru.” Oleh karena itu,  saya meminta kepada LPM Merak Situbondo,  dan pihak JFF Bali  untuk melakukan operasi katarak dua kali pada tahun 2019 mendatang,”ujar Bupati Dadang Wigiarto.

Sementara itu, Ketua LPM Merak Situbondo Kamarul Muniri mengatakan,  jika kegiatan sosial  berupa pelayanan kesehatan secara gratis, baik operasi katarak dan pergantian bola mata palsu, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu program Pemkab Situbondo.”Agar Kabupaten Situbondo terbebas dari penyakit katarak,”kata Kamarul Muniri.

Pria yang akrab dipanggil Arul menambahkan,  untuk kegiatan sosial LPM Merak  Situbondo Tahun 2018 ini mendapat respon positif dari warga Kabupaten Situbondo.  Hal tersebut dibuktikan dengan banyak penderita katarak dan protesa yang mendaftar kepada panitia.

”Pasalnya, dari target awal sebanyak 300 penderita katarak,  namun yang mendaftar sebanyak 460 orang penderita katarak, sedangkan  operasi  protesa  yang mendaftar sebanyak 60 orang. Padahal, target awal operasi protesa hanya ditarget sebanyak 20 orang,”beber Arul.

Lebih jauh Arul menambahkan, karena untuk tahun 2019 mendatang,  Bupati Situbondo  dan Wabup Situbondo meminta agar  kegiatan soail  ini dilakukan dua kali dan pihak JFF Bali  menyetujui permintaan Bupati dan Wabup Situbondo tersebut.”Sehingga untuk tahun 2019 mendatang,  LPM Merak Situbondo akan melakukan dua kali kegiatan operasi katarak, protesa dan pelayanan kesehatan mata gratis,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...