Search

Jelang Pilkada 2020, KPU Situbondo Evaluasi Kampanye Pemilu Serentak 2019

KPU Situbondo gelar rapat evaluasi pemilu. (foto:fat)
KPU Situbondo gelar rapat evaluasi pemilu. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo,  menggelar kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye, pasca  pemilu serentak legislatif dan Pilpres tahun  2019 lalu. Kegiatan tersebut dipimpin langsung  Marwoto, ketua KPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Menariknya, dalam evaluasi yang dilaksanakan di ruang pertemuan di Pantai Wisata Pasir  Putih, Situbondo, KPU  mengundang semua pengurus Partai Politik (Parpol) di Situbondo, dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Situbondo.  Dengan   narasumber Gogot  Cahyo Baskoro,  komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, dan Murtapik, ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan, kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu serentak tahun 2019 lalu itu  merupakan perintah KPU RI.”Dengan tujuan, untuk melakukan evaluasi terhadap  kegiatan selama pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019 lalu, baik pemilihan umum legislatif (Pileg) maupun pemilihan presiden (Pilpres),”kata Marwoto, Kamis (25/7/2019).

Menurutnya, pertama yang  dilaksanakannya evaluasi ini mengenai masa kampanye selama tujuh bulan, karena  banyak keluhan dari masyarakat,  terkait  rentang waktu masa kampanye terlalu panjang.

“Oleh karena itu,  dalam  kegiatan  evaluasi fasilitasi kampanye ini, pihaknya   mengundang seluruh  pengurus parpol serta pemangku kepentingan lainnya, guna mendapatkan masukan-masukan dari parpol dan stakeholder lainnya,”imbuhnya.

Lebih jauh Marwoto menambahkan, khusus di Kabupaten Situbondo, yang dievaluasi  pertama adalah pemasangan alat peraga kampanye (APK) di wilayah kota, karena berbenturan dengan aturan-aturan yang ada.”Selain itu,  yang paling krusial mengenai penempatan alat peraga kampanye di halaman-halaman rumah warga yang jelas hal itu melanggar aturan.

Kalau kami mau ketat tentunya pemasangan APK di halaman rumah warga itu jelas tidak boleh,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...