Search

5 Desa 2 Kecamatan Terendam Banjir Kiriman di Madiun

IMG-20190119-WA0003
Madiun, reportasenews.com – Akibat hujan deras dan meluapnya sungai piring dan sungai wulu di kecamatan wungu kabupaten Madiun dan kota Madiun jumat petang (18/01/2019), menyebabkan banjir genangi jalan perkampungan mengakibatkan aktifitas warga terganggu dan bahkan warga tertahan untuk pulang kerumah mereka, berdasarkan data petugas bpbd setempat tercatat, ada lima desa dari dua kecamatan yang terdaampak akibat banjir kiriman dari lereng gunung wilis tersebut.
Akibat meluapnya aliran sungai wulu di madiun jawa timur menyebabkan, akses jalan perkampungan di lima desa terendam banjir. meski sebagian orang ada yang nekat, pengendara bermotor nampak harus berhati-hati saat melintas dan bahkan ada yang tertahan takut untuk melintasi jalan yang telah terendam air banjir. Dan setiap kali hujan deras Di daerah lereng gunung wilis, maka menyebabkan genangan air di seluruh jalan jalan kampung tersebut.
Berdasarkan keterangan warga sekitar, banjir ini sering kali terjadi jika debit sungai wulu naik, apalagi hujan lebat menguyur di wilayah lereng wilis seperti kare serta wungu, hingga mengakibatkan sungai wulu dan  sungai piring yang ada di wilayah kota madiun ini tidak dapat menampung debit air.
Menurut keterangan suyatno yang merupakan warga sekitar“hujan gak deras , air datangnya tadi sore.. ini banjir akibat kiriman dari atas sana mas. Langganan setiap wilis hujan deras daerah sini pasti banjir seperti ini. Ya ini warga terganggu dan bahkan ada yang tertahan disini belum berani pulang,” tutur nya di lokasi rumahnya
Supriyanto yang merupakan plt kepala bpbd madiun menjelaskan bahwa, banjir ini merupakan langganan setiap hujan deras yang mengguyur wilayah lereng gunung wilis si wilayah Kabupaten Madiun, hingga menyebabkan meluapnya sungai wulu.
“informasi yang kita terima air datang jam 7 keatas, luapan sungai wulu ini menyebakan beberapa wilayah terendam genangan air. Dari pendataan awal ada di beberapa desa seperti desa munggut, tempursari dan mojorayug di kecamatan wungu kab madiun . Tapi meluas di wilayah kecamatan madiun seperti di desa sirapan dan dimong. Penyebab ini karena adanya itensitas hujan yang tinggi di wilayah kare menyebabkan aliran sungai wulu meluap,” kata supriyanto
Sementara dari data petugas bpbd setempat tercatat ada lima desa dua kecamatan yang terdampak akibat banjir ini, Yakni diantaranya untuk di kecamatan wungu terjadi di desa munggut, tempursari dan mojorayung, sedangkan di kecamatan madiun terjadi genangan air di desa sirapan dan Dimon. Meski hingga dini hari ini genangan air nampak sedikit demi sedikit surut namun sejumlah petugas gabungan dari bpbd, relawan, tni polri masih berjaga jaga di sekitar jembatan kali wulu dan sungai piring. (hap)



Loading Facebook Comments ...