Search

50 Ha Lahan Rumput di Bukit Savana Bromo Terbakar

Bukit padang Savana di lereng Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur yang terbakar, petugas padamkan api dengan cara manual.(foto: dic)
Bukit padang Savana di lereng Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur yang terbakar, petugas padamkan api dengan cara manual.(foto: dic)

Probolinggo, reportasenews.com – Obyek wisata bukit padang Savana atau bukit Teletubies, yang terletak di lereng Gunung Bromo, terbakar. Asap tebal berwarna hitam dan putih membumbung tinggi dan menyelimuti bukit tersebut karena kobaran api yang kian membesar.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB pada Senin (11/9) siang ini, membuat pihak terkait langsung bertindak cepat.”Sekitar 50 hektare lahan di bukit Savana yang terbakar. Tapi itu bukan pepohonan yang terbakar tapi rerumputan yang kering,”terang Fariana Prabandari, Kepala Bidang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah 1, saat dikonfirmasi reportasenews.com.

Fariana, meyebut kebekaran itu disuga ada unsur kesengajaan olah orang yang tak bertanggung jawab, bisa puntung rokok dan lainnya. Rumput yang berada di padang bukit Savana kata Fariana, sangsat mudah terbakar, apalagi di musim kemarau ini.

“Api mudah menjalar dengan cepat, yang pertama karena tiupan angin, yang kedua karena memang kondisi rerumputan di sana sebagian gersang. Namun, terjadinya kebakaran ini, rumput  akan tumbuh kembali saat musim hujan tiba. Selain itu, keindahan rerumputan hijau ini sebuah ekosistem untuk meremajakan dirinya, hingga nanti akan tumbuh lebih bagus lagi,”ujarnya.

Pihak TNBTS lanjut Fariana, telah melakukakn upaya pemadaman di lokasi, dengan mengerahkan petugas pemadam kebakaran sebanyak 50 orang, dua mobil tangki dari TNBTS dan satu  unit mobil tangki dati PT. KTI. Pihak terkait lainnya dari Muspika Kecamatan Sukapura yang melibatkan TNI, Polsek telah berupaya memadamkan api baik secara manual dan penyemprotan air.

“Memang benar ada puluhan hektare lahan rumput yang terbakar di Bukit Padang Savana, kami telah mengecek dan melakukan upaya pemadaman api yang menjalar. Selain dilakukan penyemprotan dari mobil tangki, warga dan petugas juga melakukan pemadaman secara manual,,”ujar Yulius Christian, Camat Sukapura.

Hingga kini api masih belum bisa dipadamkan. Sementara petugas baik dari TNI, Kepolisian dan dari TNBTS masih terus melakukan upaya pemadaman di lahan rumput padang Savana tersebut.(dic)




Loading Facebook Comments ...