Search

50 Negara Terbaik di Dunia Tahun 2017

salah satu sudut di negara Swiss
salah satu sudut di negara Swiss

Amerika Serikat, reportasenews.com – Laporan terbaru dari U. S. News and World Report mengungkapkan daftar 50 daftar negara terbaik di dunia. Kajian yang mengevaluasi 80 negara untuk menilai seberapa bagus mereka dalam menopang dunia bisnis.

kajian ini mengevaluasi negara ditilik dari berbagai kriteria, mulai dari ekonomi hingga kualitas hidup.

Lebih dari 21 ribu petinggi bisnis, elite, dan masyarakat sipil yang disurvei untuk kajian “ 2017 Best Countries”.

Dalam kajian itu, faktor-faktor eksternal mempengaruhi kekuatan negara-negara maju dan berpengaruh terhadap bisnis dan title­-nya sebagai negara terbaik di dunia. Misalnya, kondisi politik pada 2016 membuat ranking Amerika Serikat merosot tiga poin ke -7 akibat pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Jerman yang sebelumnya menduduki peringkat pertama dunia juga harus merelakan mahkotanya dengan lengser ke posisi keempat dunia pada 2016. Serangan teroris pada 2017 membuat mahkota negara Panser ini harus diambil negara lain.

Berikut ini adalah daftar lengkah 24 negara terbaik di dunia versi U. S. News and World Report.

  1. Portugal

Meskipun bukan negara yang kaya atau berkuasa, Portugal adalah negara yang kaya akan sejarah dan salah satu negara terbaik untuk pensiun atau pelesir.

  1. Korea Selatan

Di Korea Selatan terdapat 12 situs warisan budaya yang telah ditetapkan UNESCO. Negara Gingseng ini juga memiliki 18 juta turis setiap tahunnya.

  1. Uni Emirat Arab

Salah satu  negara Arab ini kaya akan minyak dan termasuk ke dalam negara yang paling kaya di dunia. Dalam kajian US News, negara ini menduduki peringkat teratas sebagai negara yang perekonomiannya tertinggi.

  1. Irlandia

Di ibu kota Irlandia, Dublin, terjadi booming teknologi. Raksasa-raksasa  teknologi seperti Google, Facebook, dan Dropbox memiliki kantor di sana.

  1. Tiongkok

Tiongkok termasuk ke dalam salah satu negara adidaya. Negeri Tirai Bambu ini juga memiliki perekonomian yang besar dan itu berpengaruh terhadap kondisi perekonomian global.

  1. Spanyol

Negara ini kaya akan budaya dan termasuk ke daftar tempat terbaik di dunia untuk dikunjungi. Responden mengatakan regulasi Spanyol ramah akan imigran.

  1. Austria

Negara tetangga Jerman ini memiliki nilai yang bagus dalam kajian tersebut. Terutama, dia mendapatkan peringkat ke-9 sebagai negara terbaik bagi wanita.

  1. Luksemburg

Luksemburg ini termasuk ke dalam negara yang produk domestik bruto (PDB) tertinggi ke dua di dunia. Pemerintahannya pun transparan dan perpajakannya juga bersahabat bagi dunia bisnis.

  1. Italia

Pengunduran diri Perdana Menteri, Matteo Renzi, pada 2016, mengguncang perpolitikan di Italia dan membuat kondisi politik di sana tidak stabil. Ketidakstabilitan politik di Italia membuat peringkat Negara Pizza merosot tiga tingkat—Italia meraih peringkat ke-13 sebagai negara terbaik di dunia.

  1. Singapura

Singapura mempertahankan posisinya sebagai negara terbaik di dunia ke-15. Singapura pun disebut-sebut sebagai salah satu negara paling bagus untuk investasi.

  1. Selandia Baru

Selandia Baru terkenal sebagai negara yang menganut kebebasan beragama dan memiliki kesetaraan gender. US News pun menyebut Selandia Baru adalah negara terbaik untuk pensiun.

  1. Finlandia

Tahun ini, negara asal Nokia ini menyabet peringkat ke-13 sebagai negara terbaik di dunia. Alasannya, Finlandia menegakkan transparansi, termasuk dalam kepimpimpinan.

  1. Denmark

Denmark merupakan negara terbaik kedua di dunia untuk membesarkan anak. Kali ini, Denmark menduduki peringkat ke-12.

  1. Belanda

Meskipun tergolong negara muda, negara Belanda ada setelah melalui proses yang panjang. Negara Kincir angin ini menjadi negara pertama yang melegalkan pernikahan sejenis dan memegang sikap liberal terhadap prostitusi, aborsi, dan narkoba.

  1. Norwegia

Norwegia ini satu dari empat negara yang paling baik bagi wanita. Dia juga menduduki peringkat pertama karena memiliki kebijakan progresif untuk kehidupan sosial dan politik di dunia.

  1. Perancis

Sayang, peringkat Perancis sebagai negara terbaik di dunia harus melorot satu poin pada tahun 2016. Pada tahun itu, Perancis menduduki peringkat ke-9 karena ada ketidakpastian politik setelah hak imunitas bakal calon presiden presiden, Marine Le Pen dicabut. Pencabutan ini terjadi karena Le Pen mengeluarkan kata-kata rasis.

  1. Australia

Australia juga termasuk ke daftar negara terbaik untuk pensiun. Negeri Kangguru ini juga dilabeli sebagai negara terbaik untuk kantor pusat perusahaan.

  1. Amerika Serikat

Peringkat Negeri Paman Sam ini terpaksa anjlok tiga poin dari peringkat ke-4 pada 2015 menjadi peringkat ke-7 pada 2017 karena 75 persen responden kehilangan kepercayaan terhadap pemerintahan Amerika Serikat setelah pemilihan presiden. Gara-gara itu, nilai negara untuk kategori negara terbaik untuk bisnis, masyarakat, pendidikan, dan transparansi pun juga turun. Walaupun begitu, Amerika Serikat masih tetap sebagai negara paling berpengaruh di dunia.

  1. Swedia

Swedia merupakan negara Nordik yang mendapatkan peringkat tertinggi sebagai negara terbaik di dunia. Swedia mendapatkan predikat sebagai negara terbaik bagi wanita, membesarkan anak, dan hidup.

  1. Jepang

Jepang naik dua peringkat sebagai negara terbaik di dunia. Sebelumnya, negara itu menduduki peringkat ke-7 pada 2016 dan pada 2017, peringkat Jepang ada di posisi 5. Negeri asal Doraemon ini menyabet nilai yang tinggi untuk 10 kategori, yaitu wirausaha, perekonomian kelas menengah, dan negara yang memiliki budaya yang paling berpengaruh.

  1. Jerman

Tahun lalu, jawara negara terbaik di dunia harus terguling ke tiga posisi. Kini, Jerman menduduki posisi ke-4 sebagai negara terbaik di dunia gara-gara kekhawatiran akan pengungsi datang ke Eropa dan serangan teroris. Tapi, Jerman masih termasuk ke dalam negara terbaik di dunia untuk wirausaha.

  1. Inggris Raya

Inggris dan Irlandia Utara membuat keputusan yang mengagetkan pada 2016, yaitu keluar dari Uni Eropa—British Exit (Brexit). Keputusan ini membuat Inggris Raya mempertahankan peringkatnya sebagai negara terbaik ketiga di dunia pada 2017. Negara ini juga mendapat predikat sebagai negara paling berpengaruh keempat di dunia.

  1. Kanada

Kanada menggejot kualitas hidup negaranya menjadi terbaik dari negara-negara lainnya. Dengan kata lain, perekonomian dan politiknya stabil, kekeluargaan, dan mengembangkan dengan baik sistem pendidikan dan kesehatan publik.

  1. Swiss

Negara ini mendapatkan peringkat teratas sebagai negara terbaik di dunia 2017 versi US News. Negara yang terletak di Eropa ini menyabet peringkat pertama berkat sistem sosial yang progresif, perlindungan hak asasi manusia, dan lingkungan bisnis yang bersahabat.

Sayangnya, Indonesia tidak termasuk ke dalam daftar negara terbaik di dunia versi US News and World Report.(ham/dc)




Loading Facebook Comments ...