Search

$ 60 Milyar Proyek Gabungan Arab Saudi dan Cina

aramco

Arab Saudi, reportasenews.com – Persetujuan yang ditandatangani antara Arab Saudi dan China bernilai lebih dari $ 60 miliar, kata Menteri Energi, Industri dan Sumber Daya Mineral Khalid Al-Falih.

Dia mengumumkan pembentukan perusahaan gabungan antara Royal Commission untuk Jubail dan Yanbu, Saudi Aramco dan perusahaan China di wilayah Jizan. Ini akan menjadi platform pengembangan terbesar antara kedua negara, dengan tujuan menarik investasi Cina di berbagai sektor industri di Jizan.

“Arab Saudi bercita-cita menjadi investor terbesar di sektor penyulingan petrokimia di pasar Cina, dan akan ada perkembangan besar di bidang ini,” kata Al-Falih.

“Ada kemitraan strategis antara kedua negara yang diluncurkan sejak kunjungan presiden Cina ke Arab Saudi, dilanjutkan dengan kunjungan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman.”

Wakil Perdana Menteri Cina, Zhang Gaoli pada hari Rabu mengadakan pertemuan dengan pengusaha Saudi yang mewakili berbagai sektor ekonomi, industri dan investasi, di hadapan Al-Falih. Pertemuan tersebut diadakan untuk meningkatkan peluang investasi bersama antara kedua negara.

Jeddah menyelenggarakan Forum Saudi-Cina, yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi, Industri dan Sumber Daya Mineral dengan melibatkan Kementerian Perdagangan dan Investasi, Dewan Saudi Chambers, dan pengusaha Saudi dan Cina.

Forum tersebut membahas cara-cara untuk mempromosikan pertukaran komersial, dan mengundang sektor bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari peluang investasi di kedua negara. Perdagangan komersial bilateral mencapai $ 49 miliar pada tahun 2015. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...