Search

73 Ribu Anak di Kabupaten Malang akan Imunisasi Massal Cegah Difteri 

Petugas sedang memberi vaksin difteri (foto:ist)
Petugas sedang memberi vaksin difteri (foto:ist)

Malang, reportasenews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, akan melakukan vaksinasi massal Outbreak Response Immunization (ORI) difteri, guna mencegah terjadinya penyebaran penyakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Malang, Abdulrachman menjelaskan imunisasi massal ORI difteri dilakukan tiga tahap pada Februari, Juli dan November 2018. Hal itu dilakukan sebagai tindakan pencegahan dan mengantisipasi penyebaran penyakit setelah Jatim dinyatakan kejadian luar biasa (KLB) difteri.

“Imunisasi massal difteri untuk sekitar 73 ribu anak umur di bawah 19 tahun,” katanya pada wartawan, Minggu (11/2).

Ia juga menegaskan di Kabupaten Malang nihil kasus difteri. Sempat terdapat kasus yang diduga difteri menyerang sejumlah anak di kabupaten ini, namun hasilnya ternyata negatif.

“Kabupaten Malang termasuk daerah aman. Hasil uji laboratoriumnya negatif,” ujar dia.

Sementara itu, sejumlah lembaga juga mengadakan bakti sosial untuk imunisasi massal. Kegiatan itu sebagai bentuk perhatian pada anak-anak, agar mereka selalu sehat dan tidak terjangkit penyakit berbahaya seperti difteri. Seperti yang dilakulan oleh Persatuan Istri Prajurit (Persit) dan Bhayangkari di Kabupaten Malang, yang melakukan vaksinasi difteri dan imunisasi polio.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memang merencanakan secepatnya akan melakukan ORI yaitu pemberian imunisasi setelah mendapat laporan kejadian luar biasa (KLB) difteri di 19 provinsi.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit difteri telah berhenti. Data terakhir 9 Januari 2018, Kementerian Kesehatan mengungkapkan 85 kabupaten dari 170 kabupaten sudah tidak ditemukan kasus baru.

Walaupun kasus baru belum ditemukan, Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa pengawasan terhadap difteri masih terus dilakukan. Vaksin dan serum difteri juga diupayakan terus tersedia.

Vaksin untuk imunisasi difteri juga dipastikan aman digunakan. Vaksin yang diproduksi Bio Farma tersebut telah digunakan di 136 negara. Sedangkan sebagian besar negara yang menggunakan vaksin Bio Farma merupakan negara Muslim. (dif)




Loading Facebook Comments ...