Search

84 Bakal Calon Kepala Desa Situbondo Akan Mengikuti Tes Tulis  

Yogie, Kabid Bina Desa DPMD Situbondo.
Yogie, Kabid Bina Desa DPMD Situbondo.

Situbondo,reportasenews.com – Sebanyak 84  bakal calon kepala desa (Bacakades), mereka akan mengikuti seleksi tes tulis, yang akan dilaksanakan oleh  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo. Bahkan,  DPMD Situbondo memastikan jika  tes tulis tersebut akan   berlangsung transparan dan terbuka.

Kepala Bina Desa DPMD Kabupaten Situbondo Yogie Kripsian Sah mengatakan, pihaknya akan  menjamin pelaksanaan tes tulis berlangsung transparan. “Pelaksanaan tes tulis bagi bacakades akan dilakukan secara fair,” tegas, Yogie Kripsian Sah, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, pihaknya  mengingatkan kepada masyarakat khususnya kepada bacakades agar tidak mudah percaya terhadap informasi yang berkembang di masyarakat, bahwasanya tes tulis hanya formalitas saja, dan akan dipilih calon kepala desa yang punya kedekatan dengan panitia pilkades kabupaten dalam hal ini DPMD.

“Kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jaminan lolos tes tulis, itu tidak benar. Kami tetap berpegang teguh akan meloloskan bacakades sebagai cakades sesuai dengan hasil tes tulis,”bebernya.

Pria yang akrab dipanggil Yogie menegaskan, dalam menjaga kemurnian hasil tes tulis untuk para Bacakades di Kabupaten Situbondo, pihaknya melakukan kerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur.”Bahkan, hasil tes akan dikoreksi dan diumumkan saat itu juga, oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur, selaku panitia penyelenggara,” kata Yogie.

Lebih jauh Yogie menambahkan, jika tes tulis diberlakukan terhadap bacakades yang lebih dari lima orang. Sementara, ada 12 desa yang memiliki bacakades lebih dari lima orang. Mereka akan mengikuti tes pada Kamis, 3 Oktober 2019 untuk memastikan lolos sebagai calon kepala desa (cakades).

Seperti diberitakan sebelumnya,  sebanyak 116 desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akan melaksanakan Pilkades serentak pada 23 Oktober 2019, lima desa diantaranya akan melaksanakan pilkades melalui sistem e-Voting.(fat)




Loading Facebook Comments ...