Search

Alami Kelaparan, Satu Individu Orangutan Betina Ditangkap Warga

Orangutan yang berhasil ditangkap warga. (foto:ist)
Orangutan yang berhasil ditangkap warga. (foto:ist)
Kubu Raya, reportasenews.com – Diduga mengalami kelaparan akibat menipisnya sumber makanan di habitatnya, satu individu Orang utan ( Pongo pygmaeus) betina dewasa ditangkap warga Desa Tebang Kacang, kecamatan Sungai Raya karena diduga orang utan ini memakan buah kelapa sawit muda.
Orangutan ini saat ditangkap warga dalam keadaan hidup dan diikat warga kedua kaki dan tangannya dengan menggunakan sebatang kayu.
Kondisi orang utan ini dalam keadaan lemah, namun tim Satgas TSL ( Tumbuhan Satwa Liar) bergerak ke lokasi untuk melalukan evakuasi.
Informasi ditangkapnya Orangutan ini diketahui menyebar di media sosial dari seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) namun belum diperoleh informasi sudah beberapa lama Orangutan ini ditangkap dan diikat warga dalam keadaan seperti itu.
Karena kondisi orang utan ini dalam kondisi sangat lemah, tim TSL langsung mengevakuasi ke kantor BKSDA Kalimantan barat kemudian membawa satwa langka endemik Kalimantan yang terancam punah ini ke Yayasan penyelamatan Orangutan di Sintang.
Penyelamatan Orangutan ini menuju ke Yayasan penyelamatan Orangutan di Sintang didampingi tim medis. Semoga satu individu Orangutan Betina Dewasa ini segera pulih. (das)



Loading Facebook Comments ...