Search

Alami Keram Perut,Warga Negara Bulgaria ABK Kapal Harvest Leader Dievakuasi Tim SAR Gabungan Pontianak

Tim SAR gabungan saat evakuasi medis seorang ABK kapal warga Bulgaria. (foto:ist)


Mempawah, reportasenews.com – Seorang ABK (anak buah kapal) kapal Harvest Leader Viktor Toshkov (36) warga negara Bulgaria mengalami kram perut dan  dilakukan evakuasi medis oleh tim SAR gabungan.

“Pagi tadi kami mendapatkan laporan dari pihak agen kapal bahwa seorang ABK kapal Harvest Leader rute Australia – Singapura mengalami keram perut dan memerlukan evakuasi medis.

ABK ini mengalami sakit sejak Sabtu, (17/10/2020) pukul 16.00 WIB, sebelum akhirnya agen kapal melaporkan untuk segera mendapatkan evakuasi medis,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Pontianak, Yopi Haryadi, kepada wartawan, Minggu (18/10/2020).

Yopi mengatakan proses evakuasi berlangsung dengan aman dan sesuai rencana.

“Tim SAR gabungan menggunakan Rigid Inflatable Boat milik kantor pencarian dan pertolongan pontianak berangkat menuju titik pertemuan yang telah disepakati untuk melakukan evakuasi medis,” ungkapnya.
 Yopi menambahkan proses evakuasi diawali dengan pemeriksaan awal terhadap ABK tersebut.

Sesampainya di kapal Harvest Leader, tim SAR Gabungan langsung melakukan rapid test dengan hasil non reaktif dan kemudian penanganan medis awal dengan memeriksa bagian perut ABK tersebut hingga diperoleh hasil, korban terlihat lemah, dapat berjalan, paristaetik melambat, nyeri tekan pada kuadran kanan (+), lambung (+), px Susp Peritonitis,” bebernya.

Dari hasil pemeriksaan tersebut tim SAR gabungan memutuskan untuk mengevakuasi menuju Kota Pontianak .
Setelah tiba di pelabuhan Dwikora Pontianak ABK ini kemudian dilakukan penanganan medis lanjutan di RS Mitra Medika Pontianak.

Tim SAR gabungan terdiri dari Rescuer Kantor Pencarian dan pertolongan Pontianak,KKP Pontianak, KSOP Pontianak, VTS Pontianak, Imigrasi Pontianak dan Agen Kapal) di sekitar muara Sungai Kapuas kecil, Kec. Jungkat, Kabupaten Mempawah. (das)




Loading Facebook Comments ...