Search

Alami Pendangkalan, Komisi V DPR RI Berjanji Akan Perbaiki Pelabuhan Kalbut

Bupati Dadang Wigiarto, saat mendampingi wakil ketua Komisi V DPR RI, saat berkunjung ke pelabuhan Kalbut, Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com– Komisi V DPR RI, berjanji akan memperbaiki Dermaga Pelabuhan Kalbut di Desa Tanjung Pecinan,  Kecamatan Mangaran, Kabupaten  Situbondo, Jawa Timur, Kamis (15/10/2020).

Pernyataan tersebut disampaikan langsung wakil ketua Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa,  saat  melihat secara langsung kondisi Dermaga di Pelabuhan Kalbut,  yang mengalami pendangkalan,  sehingga kapal tidak bisa bersandar. Akibatnya, sapi yang diangkut dari Pulau Madura, dilempar ke laut dan berenang menuju daratan.

“Kami sudah mendengar dan tahu permasalahannya, makanya kami kejar anggaran 2021, siapa tahu 2022 bisa dilakukan perbaikan dermaga. Makanya, kita langsung turun ke lapangan,” ujar Nurhayati,  Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, pihaknya akan menindaklanjuti dan meminta agar Kementerian Perhubungan segera memperbaiki sarana prasarana di Pelabuhan Kalbut, sehingga bisa beroperasi dengan lebih baik.

“Dermaga Pelabuhan Kalbut ini harus segera diperbaiki, agar sapi tidak dilempar ke laut saat kapal tidak bisa bersandar ke Dermaga,” bebernya.
Sementara itu, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, berharap, agar Komisi V DPR RI memberikan dukungan dan bantuan supaya Pelabuhan Kalbut bisa beroperasi dengan baik. Karena sejak mengalami pendangkalan, aktivitas di Pelabuhan menjadi sulit.

“Setiap minggu kita kedatangan hewan ternak sapi dan kambing tidak kurang dari 200 ekor dari Madura. Sejak mengalami pendangkalan, hewan berenang untuk sampai ke bibir pantai, lantaran kapal tidak bisa bersandar ke Dermaga,”kata Bupati Dadang Wigiarto dihadapan seluruh anggota Komisi V DPR RI.

Menurutnya, potensi peternakan di Kabupaten Situbondo sangat besar. Sehingga ketika pelabuhan ini ditingkatkan fasilitasnya, maka akan memancing daerah lain untuk singgah ke Situbondo.”Oleh karena itu, kami berharap komisi V DPR RI segera menindaklanjuti ke Kementerian Perhubungan,”harapnya. 

Sementara itu,  Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Kapten Miftahul Hadi mengatakan, pihaknya berharap agar Pelabuhan Kalbut segera diperbaiki. “Karena kedalamannya hanya 30 sentimeter, sehingga kapal tidak bisa bersandar. Hal itu menjadi kapal untuk bersandar,” ujar Miftahul Hadi. 

Menurutnya, jika  Dermaga di Pelabuhan Kalbut diperbaiki, pihaknya yakin aktivitas bongkar muat barang termasuk sapi, dan naik turunnya penumpang akan lebih baik lagi. Hal itu akan berdampak terhadap kenaikan pendapatan.

“Saat ini, kedalamannya hanya 30 sentimeter, kapal tidak bisa bersandar ke Dermaga. Jika kendala ini sudah diatasi, pendapatan akan meningkat,”pungkasnya. (fat)




Loading Facebook Comments ...