Search

Ambisi Paris Untuk Olimpiade 2024, Bangun Trek Atletik Diatas Sungai Seine

Jalur atletik dibangun mengapung diatas sungai Seine
Jalur atletik dibangun mengapung diatas sungai Seine

Paris, reportasenews.com – Api semangat olimpiade makin menggebu bagi Paris. Mereka membangun trek atletik diatas platform apung yang mengambang diatas sungai Seine.

Paris ibu kota Prancis itu berubah menjadi taman Olimpiade raksasa dalam usaha Paris terakhir untuk memenangkan hak tuan rumah penyelenggara Olimpiade 2024.

Perlu dicatat, Paris menjadi tuan rumah Olimpiade sekitar seratus tahun silam, tahun 1924. Sedangkan Los Angeles menjadi tuan rumah tahun 1984. Wajar rasanya Paris begitu ngotot ingin memenangkan tiket Olimpiade.

Paris akan bersaing Los Angeles AS dalam mengajukan penawaran untuk “pertunjukan terbesar di bumi”, dan ibukota Prancis menjalankan serangkaian acara olahraga selama akhir pekan untuk mendukung upaya mereka merebut tiket pemenang penyenggara Olimpiade 2024.

Fasilitas yang disediakan pekan lalu termasuk jalur lari 100 meter yang mengambang diatas sungai Seine, sebuah platform untuk olahraga menyelam dibangun didekat jembatan Alexandre III yang disepuh emas, dan sirkuit bersepeda disediakan sekitar Arc de Triomphe yang terkenal, di mana lalu lintas yang biasanya sibuk akan dihentikan pada hari Sabtu.

Paris merayakan #OlympicDay dalam gaya dengan jalur terapung di Seine #EnModeJO @ Paris2024 pic.twitter.com/B3VPfrdlfJ
– Kevin Nutley (@KNutley_ATR) 23 Juni 2017

Demonstrasi trampolin juga sedang berlangsung di museum seni Petit Palais, berjarak pendek dengan berjalan kaki singkat dari jembatan, sementara sekitar 30 olah raga lainnya dipamerkan di berbagai tempat di seluruh kota.

“Olimpiade mini” selama dua hari tersebut akan memberi kesempatan pada Paris dan pengunjung untuk mencoba berbagai kegiatan termasuk permainan tinju, judo, panahan dan bola basket roda, dengan pengawasan dari para profesional.

Acara dibuka oleh Walikota Paris, Anne Hidalgo yang turun ke sungai dengan kayak, di samping mantan atlet kano peraih medali emas Olimpiade, Tony Estanguet.

“Ini adalah saat yang sangat penting untuk merayakan semangat Olimpiade, tetapi juga untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa Paris, para wisatawan, anak-anak dan tentu saja penduduk setempat menikmati hari yang indah ini,” kata Hidalgo berseri-seri.

“Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk memberikan ketegasan tentang apa yang akan terjadi pada Olimpiade di tahun 2024,” tambah Estanguet.

This #OlympicDay menunjukkan seperti apa permainan Paris2024 di jantung pusat sejarah #Paris # ReadyFor24 # Journà © eOlympique pic.twitter.com/usMbgIEyZl
– Anne Hidalgo (@Anne_Hidalgo) 23 Juni 2017

Presiden Prancis yang baru terpilih, Emmanuel Macron, diharapkan hadir bersama dengan Menteri Olahraga Laura Flessel, yang menjadi juara Olimpiade dua kali dicabang anggar.

Paris adalah pilihan favorit untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2012, hanya kemudian dikalahkan oleh London saat hasilnya diumumkan pada malam yang penuh haru pada tahun 2005. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...