Search

Antisipasi Aksi Susulan Bom Bunuh Diri, 19 Bandara Diperketat

Pasca akso bom bom bunuh diri di Mapolrestabes sejumlah bandara memperketat keamanan. (foto:ist)
Pasca akso bom bom bunuh diri di Mapolrestabes sejumlah bandara memperketat keamanan. (foto:ist)

Jakarta,reportasenews.com – Pasca aksi bom bunuh diri yang menewaskan pelaku dan melukai sedikitnya 6 polisi di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utar Rabu pagi, (13/11), Pengamanan di sejumlah bandara diperketat.

Setidaknya ada 19 Bandara milik Perum angkasa pura II diperketat pengamanannya untuk mengantipasi kemungkinan adanya aksi-aksi susulan.  Petugas bandara melakukan random check terhadap penumpang pesawat atau pengguna jasa bandara beserta barang bawaan.

Random check dilakukan di security check point (SCP), yakni area pemeriksaan dengan metal detector, walking metal detector dan x-ray. Tak hanya itu, random check juga dilakukan terhadap kendaraan dan orang yang ingin memasuki area bandara dan gedung terminal.

Presiden Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan seluruh bandara sudah diinstruksikan untuk memperketat keamanan.

“Kami upayakan bandara-bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura II aman dari aksi teror dan dapat beroperasi dengan normal melayani penumpang pesawat dan juga penerbangan dari seluruh maskapai,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/11/2019).

“Angkasa Pura II bersama-sama dengan seluruh unsur keamanan seperti TNI/Polri meningkatkan kewaspadaan, dengan juga meningkatkan koordinasi dengan unsur intelijen,” jelasnya.

Selain itu keamanan juga diperketat di Access Control Point (ACP) yakni titik di mana kendaraan atau pekerja memasuki sisi udara (airside) dari bandara.

Pengamanan juga diperketat dengan mengerahkan unit K9  untuk memeriksa barang bawaan serta tas/koper yang berada di baggage handling area. (han)




Loading Facebook Comments ...