Search

Antisipasi Krisis Air Bersih, Pemkab Situbondo Mendapat Program Bantuan Pamsimas

Pemkab Situbondo Mendapat Program Bantuan Pamsimas
untuk mengantisipasi kekeringan. (foto:fat)
Pemkab Situbondo Mendapat Program Bantuan Pamsimas untuk mengantisipasi kekeringan. (foto:fat)
Situbondo,repoprtasenews.com – Untuk mengantisipasi terjadinya  krisis air bersih, Kabupaten Situbondo mendapat bantuan program nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).
Bahkan, hingga tahun ke enam  di Kabupaten Situbondo. Program Pamsimas sudah mampu menuntaskan sebanyak 68 titik terdampak kekeringan di Kabupaten Situbondo.
“Tahun ini ada 20 desa yang akan melaksanakan program Pamsimas. 16 desa menggunakan dana APBN, 4 desa dari APBD,” kata Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, usai membuka acara Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Program Pamsimas III 2019, Kamis (1/8/2019).
Menurutnya, program Pamsimas di Situbondo sudah berjalan sejak 2014 silam. Total ada 68 desa yang sudah terpenuhi kebutuhan air minum dan sanitasi melalui program dari Pemerintah Indonesia tersebut.
“Persoalan kesulitan air selama musim kemarau, kita ingin berkomitmen untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat,” ujar Bupati.
Bupati berpesan kepada 20 kepala desa yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut agar melaksanakan program dengan sebaik-baiknya dan tidak menyalahi aturan yang ditetapkan.
“Jangan sekali-kali mencari untung untuk program kegiatan Pamsimas ini, karena pasti akan menimbulkan masalah. Karena hari ini kita sudah masuk dalam era transparansi,” pesan Bupati.
Bupati meminta agar setelah sosialisasi yang berupa pembekalan kepada 20 kepala desa sasaran program Pamsimas, untuk menyiapkan seluruh tahapan-tahapan yang harus dilakukan.
“Ingat, bahwa kunci kesuksesan program ini adalah kerjasama yang baik antara pengelola program Pamsimas dan Pemerintah Desa,”pungkasnya.
Berdasarkan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Pemkab Situbondo, untuk tahun 2019 ini, tercatat sebanyak 20 mendapat program Pamsimas di Kabupaten Situbondo,16 desa diantaranya bersumber dari APBN dengan anggaran senilai Rp3.920.000.000.
Sedangkan 4 desa  didanai melalui APBD Kabupaten Situbondo, dengan total anggaran sebesar  Rp980.000.000. Dengan rincian, masing-masing desa mendapat bantuan sebesar Rp.240 juta.(fat)



Loading Facebook Comments ...