Search

Antisipasi Penyebaran HIV/AIDS di Situbondo, PSK Terkena Razia  Jalani Pemeriksaan Medis

Empat PSK yang terjaring razia Satpol PP di kota Situbondo. (foto:fat)
Empat PSK yang terjaring razia Satpol PP di kota Situbondo. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com  – Untuk mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Situbondo, salah satunya adalah memeriksa para Pekerja Seks Komersial (PSK) yang terjaring razia petugas Satpol PP Pemkab Situbondo.
Bahkan, sebanyak empat orang PSK yang terjaring razia Satpol PP, mereka langsung dilakukan pemeriksaaan HIV AIDS. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan, untuk mencegah meluasnya penularan HIV/AIDS.
Diperoleh keterangan, berdasarkan hasil pemeriksaan medis, ada sekitar 70 persen PSK di Situbondo yang mengidap HIV /AIDS. Sebagian besar PSK berasal dari luar kota. Jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat PSK di Situbondo datang silih berganti dari sejumlah daerah di Jawa Timur.
Selama menjalani pemeriksaan medis, masing-masing PSK diambil sampel darahnya. Keempat PSK itu dinyatakan negatif HIV AIDS, karena tidak termasuk dari 70 persen PSK yang sudah terdeteksi menderita HIV AIDS.
Kasi Penyidikan Satpol PP Pemkab Situbondo  Sutikno mengatakan, setiap PSK yang terjaring razia petugas Satpol PP, mereka harus  dilakukan tes HIV AIDS, terutama bagi PSK wajah baru yang baru terciduk di sejumlah  eks lokalisasi di Situbondo. “Dengan tujuan, untuk mencegah penularan dan penyebaran HIV AIDS.,”ujar Sutikno, jumat (12/7/2019).
Menurutnya,  khusus untuk PSK asal Situbondo yang diketahui terjangkit HIV AIDS, mereka akan mendapatkan pengawasan khusus. “Selain pengawasan Dinas Kesehatan, mereka juga akan dilaporkan kepada kepala desanya masing-masing, agar mereka juga ikut mengawasinya,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...