Search

Antisipasi Politik Uang, Bawaslu Situbondo Akan Melakukan Patroli Selama  24 Jam

apel akbar patroli pengawasan anti politik uang di Alun-alun Kota Situbondo. (foto:fat)
apel akbar patroli pengawasan anti politik uang di Alun-alun Kota Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Memasuki tahapan  masa tenang, menjelang pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, akan melakukan patroli selama 24 jam. Itu dilakukan dengaan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya politik uang.

Bahkan, dalam melakukan patroli selama 24 jam, Bawaslu Kabupaten Situbondo melibatkan sebanyak 2.570 orang  pengawas, mulai dari pengawas ditingkat tempat pemungutan suara  (TPS), pengawas tingkat desa,  pengawas ditingkat kecamatan hingga petugas Bawaslu di  Kabupaten Situbondo, mereka akan bersama-sama melakukan patroli di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, untuk  membantu kelancaran pengawas yang akan melakukan patroli, pada tiga hari  tahapan  masa tenang menjelang pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019, Bawaslu Kabupaten Situbondo juga menyiapkan sebanyak enam unit mobil Patroli, yang siap  membantu  pengawas  dalam melakukan patroli selama 24 jam.

 Usai menjadi Irup pada apel akbar patroli pengawasan anti politik uang di Alun-alun Kota Situbondo, ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Murtapik mengatakan,  dalam kegiatan patroli mengantisipasi terjadinya politik uang ini, pihaknya melibatkan sekitar 2.570 petugas, mulai dari tingkat pengawas TPS, pengawas tingkat desa hingga pengawas ditingkat kecamatan dan anggota Bawaslu Kabupaten Situbondo.

“Patroli selama 24 jam ini dilakukan, karena pada masa tenang berpotensi terjadinya politik uang. Sebab, politik uang  tidak mencerdaskan kepada  masyarakat,”ujar Murtapik, ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo, Minggu (14/4/2019).

Pria yang akrab Lopa menambahkan, jika kegiatan patroli selama 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya politik uang, pihaknya melibatkan   ribuan pegawas Pemilu di Kabupaten Situbondo. Selain ini,  merupakan salah satu  bentuk dan komitmen Bawaslu Kabupaten Situbondo.”Agar pada pelaksanaan Pemilu serentak yang diagendakan pada 17 April 2019 mendatang, bebas    dengan  terjadinya politik uang di Kabupaten Situbondo,”pungkasnya.

Hadir kegiatan apel akbar  anti politik uang di Alun-alun Kota Situbondo, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Wabup Yoyok Mulyadi, Kapolres AKBP Awan Hariono, Dandim 0823 Letkol Inf Joni Ahmad Tua,  ketua KPU Kabupaten Situbondo,  perwakilan Parpol, dan sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo.(fat)




Loading Facebook Comments ...