Search

Antisipasi Serangan Virus, Pelayanan e-KTP Lumpuh Total

Petugas tidak bisa mengakses data via internet karena semua jaringan offline. Petugtas memutus jaringan internet sebagai antisipasi serangan virus global ransomware wannacry.
Petugas tidak bisa mengakses data via internet karena semua jaringan offline. Petugtas memutus jaringan internet sebagai antisipasi serangan virus global ransomware wannacry.

Brebes, reportasenews.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mulai Senin (15/5) pagi, terpaksa menonaktifkan pelayanan perekaman elektronik KTP karena khawatir serangan virus global ransomware wannacry. Akibatnya, ratusan warga yang hendak melakukan perekaman e KTP dan pembuatan surat keterangan pengganti e KTP tidak bisa dilayani.

Warga yang akan melakukan perekaman dan membuat ktp elektronik dan surat keterangan pengganti ktp elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Brebes, terpaksa pulang dengan tangan hampa.  Sejak Senin pagi, mereka tidak dapat dilayani karena seluruh jaringan komputer yang terkoneksi dengan internet dimatikan.

Petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil sengaja memutuskan koneksi internet dilakukan untuk mengantisipasi serangan virus global ransomware wannacry yang bisa merusak database ktp elektronik. Kondisi ini dikeluhkan oleh pemohon ktp elektronik dan mereka mengaku kecewa, apalagi  petugas belum bisa memastikan pelayanan pembuatan ktp elektronik kembali normal. “KTP-nya sulit, padahal sangat dibutuhkan.  Katanya lagi ada gangguan. belum tahu kapan normal lagi ujar Kismanto (34) warga Bumiayu mengeluhkan.

Pemutusan koneksi internet ini dilakukan setelah Disdukcapil Kabupaten Brebes menerima surat edaran dari Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk menjaga keamanan database ktp elektronik. Andri Rizki Prasetyo, administrator database Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil, mengatakan, untuk sementara data online data nasional off line dulu tapi server tidak dimatikan. Ini hanya antisipasi serangan virus itu. “Sesuai edaran kominfo kemungkinan off satu hari ini. untuk warga yang perekaman di kecamatan kita sedang solusikan agar kecamatan tetap bisa rekam. Saya lagi set block untuk masing masing server, karena tidak hanya terkonerksi ke satu server tapi ke tiap klien,” ujar Andri Riski Prasetyo.

Tidak hanya di kantor Disdukcapil, pelayanan perekaman ktp elektronik di tujuh belas kecamatan di Kabupaten Brebes juga dihentikan sementara waktu. Warga berharap pelayanan ktp elektronik kembali normal sehingga permohonan e ktp dan surat keterangan pengganti e ktp kembali bisa dilayani. (iso)




Loading Facebook Comments ...