Selasa, 24 Januari 2017

Aplikasi SnapIt! Menakar Kadar Kalori Makan Dengan Foto Saja

Aplikasi SnapIt! Menakar Kadar Kalori Makan Dengan Foto Saja
Foto :doc. LoseIT

JAKARTA, REPORTASE – Sebuah app smartphone bernama SnapIt! dapat dipakai untuk mengukur kadar kalori makanan yang akan kita santap. Caranya mudah, cukup foto makanan itu, lalu database ribuan jenis makanan serupa akan tampil dilayar ponsel menjelaskan komposisi kalorinya.

SnapIt! adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan LoseIt!yang berbasis di Boston AS ini memahami bahwa tantangan masyarakat modern saat ini adalah hidup sehat dan mencegah badan kegemukan karena hitungan kalori yang masuk kedalam tubuh berlebih.

Dengan  aplikasi SnapIt! diharapkan bisa membantu kita menakar sendiri jenis makanan apa yang harus disantap dan membuat program efektif untuk diet. Sekalipun SnapIt! masih masih berbentuk betta, namun sambutan khalayak tampaknya cukup menggembirakan, demikian ulas Techcrunch baru baru ini.

SnapIt! akan menyertakan data tebakan terbaik dari apa makanan yang ada dalam foto dan menganalisa makanan itu. Pengguna juga dapat memberikan tambahan informasi mengenai makanan itu lebih rinci.Misalnya jika mereka meng-upload foto dari sushi, SnapIt! mungkin mengenalinya cuma sebagai “sushi roll,” tetapi tidak tahu apakah itu berisi salmon, atau hanya mentimun, atau apakah gulungan dibuat dengan coklat bukan beras putih.

Setelah  isi label makanan, pengguna diminta untuk mengkonfirmasi ukuran porsi berapa banyak, setelah itu tekan “enter” agar dimasukan dalam analisa database. Dengan begitu ini akan  membantu para penggunanya menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat, membantu mereka menghitung kalori setepat mungkin, dan bahkan mencari tahu informasi nutrisi untuk meningkatkan diet mereka.

SnapIt! versi beta ini disebutkan memakai data dari Food 101 dataset yang telah merekam sekitar 101.000 foto jenis makanan dan telah dikelompokan dalam bebeberapa kategori. Mereka memberikan klaim bahwa akurasinya bisa mendekati 87% hingga 97%, ditambah lagi dikemudian hari masuknya ribuan data baru dari para pemakai dan pengguna jasa ini maka akan menambah kekayaan database jenis makanan didalam aplikasi SnapIt!. (HSG/ Techcrunch)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...