Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Internasional · 30 Des 2016 11:00 WIB ·

“Artis Youtube” Alami Penurunan Pengunjung Tahun ini


					PewDiePie salah satu akun personal youtube yang menjadi Perbesar

PewDiePie salah satu akun personal youtube yang menjadi "artis" dikanal ini/ LeafyIsHere

Reportasenews.com : Artis yang tumbuh besar dikanal youtube ada banyak orang, follower mereka bisa sampai diatas 5 ke 10 juta fans. Tahun ini mereka melihat pengunjung kekanal mereka mengalami penurunan tajam tercatat sejak bulan Pebruari, menurut studi terbaru..

Dalam studi yang dilakukan oleh “Kotaku”, statistik sosial tracker “SocialBlade” menemukan bahwa 49 saluran besar “artis youtube” disana rata-rata mendapatkan kunjungan netizen 4,1 juta views per hari pada Januari, namun drop kebawah menjadi 3,7 juta views per hari pada bulan November kemarin.

Sebagian besar penurunan itu terjadi pada paruh kedua tahun ini. Terkecuali saluran dari media besar, seperti label rekaman dan jaringan media TV tidak masuk hitungan. Hitungan itu hanya untuk akun youtube personal, misal seperti bintang youtube terkenal “Jacksepticeye” dan “PewDiePie”.

Ada beberapa perdebatan tentang apakah melorot tajamnya penonton itu berarti makin sedikit orang yang menonton video milik “artis YouTube”, atau apakah ada kemungkinan lain bahwa YouTube menghitung cara “views” berbeda dari cara lama.

Satu teori adalah bahwa penurunan ini didorong oleh membersihkan penayangan selang-seling yang dihasilkan oleh bot, walaupun itu mungkin tidak menjelaskan seperti yang terjadi dalam penurunan views jangka panjang.

Lebih menarik adalah spekulasi bahwa penurunan itu hasil dari perubahan dalam pencarian algoritma YouTube yang memberikan bobot kurang untuk akun pribadi ketika mengevaluasi masing-masing video. Ada juga spekulasi merajalela bahwa YouTube secara aktif menghentikan pengguna dari kanalnya, tapi ini dibantah YouTube yang mengatakan tidak melakukan hal ini.

Perang kian memanas dengan debat antara YouTube dan kelompok “genk” artis yang beken dikanal Youtube yang tidak terima penurunan views mereka. Beberapa “artis youtube” bersikeras bahwa jika ada netizen mengklik “subscribe kanal” adalah tidak terlalu utama dalam algoritma YouTube dibanding melihat isi videonya dalam “views”. (HSG/ Fortune)

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ditengah Bergulirnya Sidang Sengketa Pilpres, Cak Imin Silaturrahim Kiai Kholil

19 April 2024 - 05:23 WIB

Pasca Libur Lebaran, Ratusan Pemudik Mulai Berdatangan Melalui Terminal Bus Alam Barajo Jambi

18 April 2024 - 17:27 WIB

Bandar Ekstasi Dibekuk Satuan Narkoba Polres Binjai 

18 April 2024 - 16:20 WIB

Pasca Lebaran, BBM di Kabupaten Kapuas Hulu Sempat Alami Kelangkaan

18 April 2024 - 16:14 WIB

Berkasnya Dinyatakan P21, Dua Tersangka TPPO Dijebloskan ke Rutan Situbondo

18 April 2024 - 16:06 WIB

Anggota DPR RI Asal Jambi Ihsan Yunus, Diperiksa KPK Terkait Kasus Dugaan Korupsi  di Kemenkes

18 April 2024 - 15:34 WIB

Trending di Nasional