Search

Ratusan Masjid di Saudi Berikan Buka Puasa Gratis

buka puasa

Arab Saudi, reportasenews.com – Saat matahari terbenam setiap malam selama Ramadhan, ratusan orang berduyun-duyun ke masjid yang menawarkan hidangan berbuka puasa gratis.

Menu buka puasa terdiri dari kurma, laban, jus, buah-buahan dan hidangan seperti kabsa Saudi tradisional. Beberapa masjid juga menyajikan makanan lengkap dengan barbekyu, ayam atau daging yang dimasak dicampur dengan sayuran, dan manisan atau buah-buahan, untuk para penyembah setelah sholat petang setelah makan berbuka puasa.

Mohammad Sharif, seorang pekerja Bangladesh dalam antrean di Masjid Askan Building, mengatakan “Kami datang untuk mengambil makanan buka puasa gratis ini karena itu membantu kami menghemat waktu dan uang, yang akan kami habiskan untuk membeli dari restoran, sehingga menambah tabungan untuk dikirim ke keluarga menjelang Idul Fitri”.

“Kembali dari pekerjaan, kita kekurangan waktu untuk menyiapkan iftar diri kita sendiri. Karena banyak dari kami menerima gaji rendah, itu adalah salah satu alasan untuk datang ke tenda buka puasa gratis. ”

Abdullah, seorang warga Etiopia, mengatakan, “Menyelesaikan pekerjaan dan kembali ke rumah di malam hari membuat kami tidak punya waktu untuk menyiapkan berbuka puasa, jadi lebih mudah untuk pergi ke tenda masjid terdekat untuk makan malam berbuka puasa serta berdoa bersama jemaah shalat di masjid sebelum pulang.”

Naved, seorang pekerja Pakistan di sebuah masjid kota, mengatakan: “Saya biasanya datang ke tenda tidak hanya untuk berbuka puasa tetapi juga untuk mendapatkan rasa persahabatan dengan orang lain yang hadir di buka puasa, sehingga memiliki perasaan keluarga besar pergi dari rumah.”

Selain pembagian kotak buka puasa gratis, beberapa masjid juga membuat pengaturan untuk buka puasa bersama, dengan ratusan orang muncul.

Sebagian besar orang yang datang ke tenda untuk berbuka puasa adalah ekspatriat Muslim, terutama dari Bangladesh, Pakistan, Ethiopia, India, Afghanistan, dan negara-negara Afrika.

Ada beberapa orang Saudi, termasuk mereka yang datang untuk membagikan makanan buka puasa gratis atau orang-orang yang mengawasi distribusi di berbagai masjid.

Sebagian besar pengaturan untuk buka puasa gratis didukung oleh badan amal, organisasi sukarela dan filantropis, kata Ahmed, sebuah distribusi makanan pengawas Saudi di sebuah masjid di daerah Badiyah di Riyadh Selatan.

Dia mengatakan bahwa tenda buka puasa diawasi dengan ketat untuk menghindari penyalahgunaan uang amal yang diberikan untuk tujuan ini.

Osama Khan, seorang warga negara Pakistan yang tinggal di daerah Suwaidi-Badiyah ibukota yang secara sukarela membagikan makanan buka puasa di masjid selama beberapa tahun, mengatakan kepada Arab News: “Ini memberi saya kesenangan luar biasa yang terlibat dalam amal ini selama suci bulan.”

“Kita harus berbagi apa yang kita miliki dengan mereka yang kurang beruntung,” katanya. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...