Search

Badai Pasir Masih Menghantui Kawasan  Bromo

Pemandangan lautan pasir Gunung Bromo yang cukup mempesona. (Foto : abd)
Pemandangan lautan pasir Gunung Bromo yang cukup mempesona. (Foto : abd)
Pasuruan, reportasenews.com – Kawasan kaldera Gunung Bromo sejak sepekan terakhir ini di warnai adanya badai pasir. Badai yang berdampak pada kesehatan saluran pernapasan bagi warga sekitar maupun pengunjung ini diperkirakan akan berlangsung selama sepekan hingga dua pekan ke depan, disamping kondisi cuacanya dingin.
Pihak berwenang setempat juga menghimbau agar pengunjung waspada terhadap badai pasir tersebut.”Badai pasir masih berlangsung dan biasanya sampai satu hingga dua pekan ke depan,” ujar Sudiono, pelaku wisata Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (9/9/2018).
Bromo Lovers, komunitas yang konsen pada kebersihan dan kelestarian flora-fauna kawasan Gunung Bromo ini memastikan, bahwa badai pasir kerap terjadi saat musim dingin.”Badai ini biasa terjadi pada saat musim dingin di kawasan Bromo seperti saat ini, anginnya sangat kencang,” ujar Teguh, salah satu anggota komunitas.
Pria yang juga pengemudi jip yang biasa mengantarkan wisatawan ke berbagai destinasi di kawasan Bromo ini mengungkapkan adanya badai pasir tak mempengaruhi kunjungan wisata.”Kebanyakan para wisatawan yang datang kesini, sudah terbiasa dengan kondisi alam tersebut, juga musim dingin terjadi,” tambahnya.
Badai pasir di Bromo terjadi ini tak membuat warga sekitar resah. Bahkan fenomena alam itu dianggapnya hal biasa karena faktor alam. Sedangkan adanya material badai berupa pasir bercampur abu vulkanik, warga sekitar dan pengunjung dihimbau agar selalu menggunakan masker untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan. (abd)



Loading Facebook Comments ...