Search

Badak Putih Langka Dijadikan Hewan Sirkus Pancing Kemarahan Netizen

ScreenShot010

Rusia, reportasenews.com – Rekaman badak putih yang terancam punah dilatih untuk tampil di sirkus telah mendorong kemarahan viral untuk memboikot acara yang menampilkan hewan hidup.

Pengguna media sosial sangat marah dengan video yang diambil di Rusia yang menunjukkan badak dipaksa berpawai atau membawa seorang pria di punggungnya dalam lingkaran sirkus, sementara pelatih memegang cambuk.

Badak jarang terlihat di sirkus, meskipun gajah telah lama digunakan – dan saat ini sedang dihapus setelah bertahun-tahun diprotes akibat cara pelatihan kejam dan kondisi tidak alami yang mereka alami dikandang.

Dalam klip yang beredar secara online yang diambil di Sirkus Negara Rusia, badak dibuat untuk duduk dan membiarkan pelatih memanjat ke punggungnya sebelum berangkat untuk mengitari ring.

Beberapa kali hewan itu juga tampak berpaling dengan cepat dari si pelatih saat dia mendekat dengan cambuk.

Dalam klip lain, yang diduga dari Safari Circus di Moskow, apa yang dianggap sebagai badak yang sama terlihat pada platform melingkar di bawah sorotan terang, beberapa kali ragu-ragu sebelum melangkah keluar.

Para ahli di bidang kesejahteraan hewan liar mengatakan, menggunakan badak putih – yang dapat mencapai berat hingga 2.300 kg – dalam pertunjukan publik sangat berisiko bagi pelatih dan penonton.

“Ini bisa dengan cepat menyebabkan cedera pada pelatih, dan jika tidak ada penghalang substansial, untuk publik,” kata Chris Draper, dari amal satwa liar Born Free. “Biarpun mereka terlatih dengan baik, badak secara alami mudah gugup dan impulsif.”

Hewan itu, mungkin disewa dari satu sirkus ke sirkus lain, akan dilatih menggunakan metode yang kejam dan menyakitkan di belakang layar untuk melakukan seperti yang diinstruksikan, katanya.

“Untuk melihat hewan dalam keadaan ini ketika Anda melihat satu di alam liar benar-benar tidak selaras,” katanya. “Bukan hanya karena terpapar suara yang cukup besar, tetapi penggunaan cambuk itu salah. Mereka akan mengatakan itu tidak sakit, tetapi jika itu alasannya mengapa menggunakannya itu? ”

Mengangkut badak di sekitar area juga akan menimbulkan stres dan ketegangan pada dirinya, Dr Draper menambahkan.

Dalam video terpisah, badak, Mafa, difilmkan jauh dari ring, diberi makan oleh pelatih, Sergey Nesterov, yang mengatakan: “Saya meletakkan tempat tidur di sampingnya, dan saya meninggalkannya hanya ketika saya harus makan. Cara ini membuat dia terbiasa dengan orang. ”

Nesterov mengatakan butuh satu tahun untuk mengatur dokumen untuk mengangkut Mafa dari Afrika Selatan.

Situs web Safari Circus menyatakan bahwa ia menggunakan hewan eksotis, dan mengatakan bahwa pada tahun 1996 Sergei Nesterov dan Elena Fedotova memutuskan untuk menciptakan daya tarik baru dengan hewan eksotis berdasarkan yang lebih tua yang dibuat oleh orang tua Elena.

Situs Safari menampilkan foto badak, serta gambar kanguru dengan rantai di leher dan sarung tinjunya, tampaknya bertarung dengan manusia.

Pengguna Facebook dan Twitter mengutuk penggunaan badak, mengatakan bahwa hewan itu adalah hewan liar dan belum dijinakkan seperti kucing atau anjing.

Lainnya, SY Woon, menulis: “Menjijikan !! Metode yang digunakan untuk melatih hewan liar ini untuk melakukan trik merendahkan ini untuk hiburan melibatkan penyalahgunaan yang signifikan! Tolong jangan pernah mendukung sirkus yang mengeksploitasi hewan untuk ‘hiburan’. “

Zoe Bond menulis: “Dicuri dari ibunya dan dijual ke sirkus untuk diperbudak seumur hidup. Dia akan dipukuli dalam latihannya untuk melakukan ‘trik’ yang tidak wajar.” (Hsg)




Loading Facebook Comments ...