Search

Bakar Sampah, Sebuah  Rumah dan 2 Ekor Sapi Hangus  Terbakar

Petugas dibantu pemadam berupaya memadamkan api yang mengahnguskan rumah warga. (foto:fat)
Petugas dibantu pemadam berupaya memadamkan api yang mengahnguskan rumah warga. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Sebuah rumah permanen milik kakek Misdan (75), asal  Lingkungan Krajan, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo terbakar. Itu terjadi lantaran korban membakar sampah di kandang sapi, yang lokasinya dekat dengan rumahnya, Kamis (20/12/2018) malam.
Selain mengakibatkan bangunan bagian atas rumahnya terbakar, peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 21.15 WIB, juga mengakibatkan sebagian perabot rumah tangga milik korban  juga ikut hangus terbakar dilalap si jago merah.
Tidak hanya itu, kandang sapi milik korban juga  hangus terbakar. Bahkan,   dua ekor sapi milik korban  tewas karena terpanggang. Meski demikian, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sebab, korban yang sedang  tidur bersama keluarganya di dalam rumahnya, mereka langsung semburat keluar untuk menyelamatkan diri, begitu dibangunkan tetangganya karena rumahnya terbakar.
Diperoleh keterangan, pertama kali rumah korban kakek Misdan terbakar itu diketahui salah seorang tetangganya. Bahkan, begitu mengetahui rumah korban terbakar, salah seorang warga langsung membangun korban yang sedang terlelap dalam tidurnya, sembari berteriak ada kebakaran.
Usai membangunkan korban dan keluarganya, puluhan warga yang datang ke lokasi kejadian, mereka langsung  memadamkan korban api dengan menggunakan alat seadanya, kobaran api yang membakar rumah korban baru dapat dipadamkan sekitar 30 menit dari kejadian, setelah dua unit mobil Damkar milik Pemkab Situbondo datang ke lokasi kejadian.
“Saat melintas didepan rumah korban, saya melihat ada kobaran api di bagian belakang rumahnya, sehingga saya langsung berteriak minta tolong, sembari membangunkan korban dan keluarganya yang sedang tidur, selanjutnya warga langsung memadamkan korban api. Sebab, dikhawatirkan korban api akan merembet ke rumah yang lain,”kata Sugito, salah seorang tetangga korban.
Sementara itu, Puryono selaku koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo mengatkan, berdasarkan keterangan korban kakek Misdan, sebelum tidur korban mengaku sempat membakar sampah di dekat kandang sapinya.”Namun, karena saat kejadian angin bertiup sangat kencang,  sehingga kobaran api langsung membakar kandang sapi dan rumah korban di bagian belakang,”kata Puryono.
Pria yang akrab Ipung menambahkan, agar kasus serupa tidak terulang lagi, pihaknya menghimbau kepada warga Situbondo agar tidak membakar sampah didekat rumahnya.”Selain itu, kerugian materi akibat kebakaran rumah permanen milik korban tersebut, diperkirakan mencapai Rp.70 juta lebih,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...