Search

Bandar Narkoba Divonis  10 Tahun Kurungan  Penjara

Joni Iskandar(34) pengedar Narkoba divonis 15 tajun penjara oleh PN  Situbondo. (foto:fat)
Joni Iskandar(34) pengedar Narkoba divonis 15 tajun penjara oleh PN Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Joni Iskandar (34), asal Desa/Kecamatan Jangkar, Situbondo, pemilik narkoba jenis Sabu-sabu seberat 19,57 gram, divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Situbondo, Rabu (28/3).

Selain  menjatuhkan vonis 10 tahun kurungan penjara, Ketua Majelis Hakim PN Situbondo I Made Aditya Nugraha juga mewajibkan terdakwa narkoba Joni Iskandar, untuk membayar denda sebesar Rp. 1 miliar subsider tiga bulan kurungan penjara.

Vonis selama 10 tahun penjara terhadap terdakwa Joni Iskandar yang dijatuhkan oleh majelis hakim PN Situbondo itu, lebih rendah dari tuntutan  Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo, yang menuntut terdakwa selama 15 tahun kurungan penjara.

Pantauan Reportasenews.com dilapangan, dengan, terdakwa  narkoba Joni Iskandar  teerlihat serius mendengarkan pembacaan amar putusan yang dibacakan oleh majelis hakim PN Situbondo, dengan ketua majelis hakim I Made Aditya Nugraha.

Menurut majelis hakim, yang memberatkan terhadap  terdakwa  Joni Iskandar, berdasarkan keterangan sejumlah saksi selama persidangan, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan sebagai pengedar. Selain itu, terdakwa merupakan pemain lama dan sering terlibat dalam kasus narkoba. Sedangkan yang meringankan, terdakwa  mengaku  terus terang semua perbuataannya serta berlaku sopan  persidangan.

“Karena  berdasarkan keterangan sejumlah saksi dan pengakuan dari terdakwa   Joni Iskandar dalam persidangan, terdakwa Joni Iskandar secara meyakinkan  melanggar  pasal 114 ayat (2), Undang –undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, sehingga   majelis hakim menjatuhkan  selama 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp. 1 miliar subsider tiga bulan kurungan penjara,”kata  ketua majelis hakim I Made Aditya Nugraha, saat membacakan amar putusannya, sembari mengetuk palu tanda berakhirnya sidang kasus narkoba, Rabu (28/3).

Usai pembacaan vonis dari majelis hakim PN Situbondo, pengacara terdakwa Hari Subagyo maupun JPU Suryani mengaku menerima vonis  10 tahun penjara terhadap terdakwa Joni Iskandar.”Karena vonis 10 tahun penjara yang dijatuhkan oleh majelis hakim itu sudah merupakan 2/3 dari tuntutan. Jadi dalam hal ini kami merasa cukup dan tidak akan  melakukan banding,”katanya.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...