Search

Bandara Australia Mulai Uji Coba Check-in Biometrik Bebas Paspor

Screen Shot 07-04-18 at 07.42 PM

Australia, reportasenews.com – Penumpang Qantas yang melakukan perjalanan melalui Bandara Sydney akan menjadi salah satu wisatawan pertama yang menggunakan pengenalan wajah di check-in otomatis, tas jinjing, akses lounge dan naik pesawat.

Sistem ini pada akhirnya akan memungkinkan petugas untuk memproses penumpang lebih cepat. Percobaan awal memberikan kecepatan proses antrian, namun sistem baru ini mengundang kritik rentan pelanggaran privasi.

CEO Bandar Udara Sydney Geoff Culbert optimis: “Tidak akan ada lagi paspor dan tas saat check-in dan sibuk mencari dokumen atau smartphone untuk menunjukkan boarding pass Anda – wajah Anda akan menjadi paspor dan tiket masuk Anda di setiap langkah dari proses”.

Sistem biometrik juga telah didukung oleh pemerintah federal Australia, yang berjanji untuk memompa dana $ 22,5 juta AUD ($ 16,6 juta) untuk memastikan teknologi pengenalan wajah akan diadopsi di semua bandara Australia. Canberra berada di garis depan peluncuran ‘SmartGate’ nasional yang diperkirakan akan selesai pada Maret 2019.

Namun para ahli keamanan memperingatkan bahwa uji coba bandara akan dilacak oleh departemen pemerintah yang dapat menerapkan teknologi yang sama di ruang publik.

“(Cara Biometrik) dapat menimbulkan bahaya nyata”, Dr. Bruce Baer Arnold mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada The Australian Financial Review. Transparansi data telah menjadi semakin besar

Sementara sebagian besar warga negara pasrah mengikuti sistem baru, para ahli percaya bahwa negara pada akhirnya akan mencapai “titik kritis” di mana data pribadi dalam jumlah besar dapat disimpan dan digunakan tanpa memperingatkan warga.

Di AS, teknik pengenalan wajah serupa yang akan menggantikan identifikasi konvensional sedang dipertimbangkan. Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) telah merencanakan untuk meluncurkan Vehicle Face System – sebuah inisiatif yang mengidentifikasi orang-orang yang masuk dan keluar dari perbatasan AS dibulan Agustus ini. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...