Search

Bandara Soepadio Kembali Normal Pasca Tergenang Air

Bandara internasional Soepadio Pontianak, kembali normal setelah tergenang air. (foto:das)
Bandara internasional Soepadio Pontianak, kembali normal setelah tergenang air. (foto:das)

Pontianak, reportasenews.com – Pasca tergenang air, aktivitas penerbangan di Bandara internasional Soepadio Pontianak, kembali normal, Senin (13/11).

Sebelumnya,  sepanjang Minggu (12/11) kemarin, aktivitas penerbangan di Bandara internasional Soepadio lumpuh total akibat landasan pacu bandara tergenang air.

Demi keselamatan penerbangan, seluruh keberangkatan dan kedatangan pesawat dari dan ke kota Pontianak ditutup.

“Sejak pagi, hari ini, semua penerbangan kembali normal, dan ada pula pesawat yang sudah mendarat, ” kata General Manager PT. Angkasa Pura II, Kantor Cabang Bandara Internasional Soepadio Pontianak, Bayuh Iswantoro.

Bayuh menyebut penyebab landasan pacu tergenang air sebagai fenomena alam yang diluar kendali mereka.

“Ini akibat hujan deras, tidak hanya mengenangi landasan pacu, tetapi lingkungan sekitar bandara juga tergenang air,” selorohnya.

Upaya penanganan genangan air, dilakukan sejak pagi, siang dan tengah malam dibantu BPBD Kubu Raya. Upaya pengendalian genangan air ini dilakukan dengan pemompaan dan penyedotan air, pembuatan tanggul, dan kedepannya akan direvitalisasi seluruh saluran air dan buangannya agar kejadian serupa tidak terulang.

Sebelumnya genangan air meredam tepian Bandara Internasional Soepadio di sta 1.500 hingga 1.750 yang menyebabkan terjadi pembatalan penerbangan dari semua maskapai.

Bahkan penumpang yang siap berangkat, akhirnya memilih menginap di bandara internasional Soepadio dengan alas seadanya. Polisi juga disiagakan sebanyak 20 personil untuk pengamanan. (das)




Loading Facebook Comments ...