Search

Banjir Bandang di Situbondo, 1 Rumah Hanyut, 4 Rusak Berat, Ratusan Rumah Terendam Air 

Banjir bandang yang melanda dua desa di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Kamis (8/3) mengakibatkan satu rumah hanyut, dan empat rumah milik warga yang  lain  mengalami rusak berat. (foto:fat)
Banjir bandang yang melanda dua desa di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Kamis (8/3) mengakibatkan satu rumah hanyut, dan empat rumah milik warga yang lain mengalami rusak berat. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Banjir bandang yang melanda dua desa di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Kamis (8/3) mengakibatkan satu   rumah hanyut, dan empat rumah milik warga yang  lain  mengalami rusak berat.

Selain itu, banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 15.45 WIB, juga mengakibatkan sebanyak 174 rumah pada empat  dusun di dua desa di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, terendam air bercampur lumpur, dengan ketinggian air antara 50 hingga 70 centimeter.

Tidak hanya itu, sebagian  perabot rumah tangga milik ratusan kepala keluarga (KK) yang tersebar pada empat  dusun di dua desa di Kecamatan Banyuputih, Situbondo juga  terendam air bercampur lumpur.

Bahkan, dua ekor kambing milik warga Dusun Krajan, Desa Sumberwaru dan satu ekor sapi milik warga Dusun Sekarputih, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, juga hanyut terbawa  derasnya arus sungai, setelah sebelumnya wilayah timur kawasan timur Situbondo diguyur hujan deras, yang mengakibatkan sejumlah sungai meluap karena tidak dapat menampung tingginya debit air.

Diperoleh keterangan, sebelum satu rumah hanyut, empat rumah rusak berat dan ratusan rumah tergenang air, karena sungai meluap akibat tidak dapat menampung tingginya debit air, sehingga luapan air sungai tersebut langsung  menggenangi ratusan rumah KK, yang tersebar pada tiga dusun pada dua desa di Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Empat  dusun pada dua desa yang tergenang air bercampur lumpur. Dengan rincian, di Dusun sebanyak 50 rumah, di Dusun Sidodadi sebanyak 91 rumah, di Dusun Krajan, Desa Sumberwaru sebanyak 23 rumah, dan  empat  rumah rusak berat di Dusun Krajan, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

rumah warga mengalami kerusakan diterjang banjir bandang yang melanda dua desa di Ditubondo. (foto:fat)

rumah warga mengalami kerusakan diterjang banjir bandang yang melanda dua desa di Ditubondo. (foto:fat)

Sedangkan satu rumah milik kakek Yuki (70) hanyut, dan satu jembatan di Dusun Sekarputih, Desa Sumberanyar, putus akibat diterjang banjir bandang. Selain itu,  sebanyak 10 rumah di Dusun Sekarputih, Kecamatan Banyuputih, Situbondo terendam air bercampur lumpur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Taufik Hidayat mengatakan, berdasarkan data sementara yang dilakukan petugas gabungan antara petugas BPBD, Muspika Banyuputih, dan perangkat dua desa.

“Tercatat sebanyak 174 rumah milik warga   empat dusun di dua desa yang terendam air bercampur lumpur, satu rumah hanyut dan empat rumah mengalami rusak berat,”kata Taufik Hidayat, Kepala BPBD Kabupaten Situbondo, Kamis (8/3).

Taufik Hidayat menambahkan, banjir bandang juga mengakibatkan  satu jembatan putus, satu rumah milik warga juga hanyut, dan dua ekor kambing, satu ekor sapi milik warga  juga hanyut diterjang banjir bandang tersebut.”Meski banjir bandang tersebut tidak sampai menelan korban jiwa maupun korban luka, namun kerugian materi mencapai ratusan juta. Selain itu, untuk meringankan beban ratusan terdampak banjir bandang, kami akan segera mengirim makanan cepat saji kepada para terdampak banjir bandang tersebut,”pungkasnya.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...