Search

Banjir “Berjamaah” di 54 Titik Jakarta, Lalu Lintas Macet Dimana-mana

Menurut pantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada sekitar 54 titik banjir yang sejak Selasa (21/2)  subuh menggenangi wilayah DKI Jakarta.
Menurut pantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada sekitar 54 titik banjir yang sejak Selasa (21/2) subuh menggenangi wilayah DKI Jakarta.

Jakarta, reportasenews.com-Hujan deras yang terus menerus dan kapasitas drainase yang tidak sebanding, menjadi penyebab banjir “berjamaah” di Jakarta.

Menurut pantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada sekitar 54 titik banjir yang sejak Selasa (21/2)  subuh menggenangi wilayah DKI Jakarta.

“Banjir lebih disebabkan karena drainase perkotaan yang tidak mampu menampung aliran permukaan,” kata Sutopo Purwo Nugroho, jurubicara BNPB melalui keterangan persnya, Jakarta, Selasa (21/2).

Dijelaskanya, banjir dan genangan yang melumpuhkan sebagian besar wilayah Jakarta itu disebabkan. Pertama, kapasitas saluran drainase Ibu Kota tak sebanding dengan volume air yang mengalir di permukaan.

Kedua, beberapa sungai berstatus siaga satu dan dua, yang membuat air di permukaan meluap sehingga ke air hujan tak bisa mengalir ke sungai dan tertampung.

“Selain itu juga disebabkan luapan dari sungai yang naik siaga 1 dan 2, sehingga aliran permukaan dari drainase tidak dapat dialirkan ke sungai,” ucap dia. (tat)

 




Loading Facebook Comments ...