Search

Barang Bukti Sabu Nol Koma Nol, Ketua PN Depok Vonis Secara Berbeda 

Terdakwa memasuki mobil tahanan usai mengikuti sidang kasus narkoba di PN depok. (foto:ltf)
Terdakwa memasuki mobil tahanan usai mengikuti sidang kasus narkoba di PN depok. (foto:ltf)

Depok,reportasenews.com  – Tiga terdakwa penyalahguna narkotika golongan I bagi diri sendiri bukan tanaman yang barang buktinya sama-sama nol koma divonis secara berbeda oleh majelis hakim Ketua Pengadilan Negeri Depok, Sobandi, dengan hakim anggota yang berbeda di Ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Depok. Tiga terdakwa itu terbagi atas dua berkas perkara, yakni terdakwa Ujang Supadi dengan nomor perkara 35/Pid.Sus/2019/PN DPK dan terdakwa Zaki Adriansyah beserta Aji Pramana Yudha dengan nomor perkara 64/Pid.Sus/2019/PN DPK.

Padahal, ketiga terdakwa itu sebelumnya dituntut selama 3 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok, Lira Apriyanti.

Dalam amar putusan terhadap terdakwa Ujang Supadi, Sobandi yang didampingi Sri Rejeki Marsinta dan Eko Julianto menyatakan terdakwa Ujang Supadi telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam Pasal 127 Ayat (1) huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ujang Supadi dengan pidana penjara selama 1 tahun. Menetapkan barang bukti berupa satu bungkus plastik klip berisi sabu dengan berat netto 0,0379 gram dirampas untuk dimusnahkan,” ucap Sobandi dalam jalannya sidang, Kamis (14/3/2019).

Sedangkan amar putusan terhadap terdakwa Zaki Adriansyah dan Aji Pramana Yudha, Sobandi dengan beranggotakan Rizky Mubarak Nazario dan Nugraha Medica Prakasa menyatakan kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam Pasal 127 Ayat (1) huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menjatuhkan pidana kepada kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 3 tahun. Menetapkan barang bukti berupa satu bungkus plastik klip bening berisikan metamfetamina dengan berat netto 0,0707 gram dan seperangkat alat hisap (bong) dirampas untuk dimusnahkan,” kata Sobandi di hari dan ruang yang sama.

Seusai amar tersebut dibacakan baik terdakwa Ujang Supadi yang didampingi penasehat hukum dari Amalbi dan terdakwa Zaki Adriansyah dan Aji Pramana Yudha beserta JPU Mukhamad Tri Setyobudi ditanya majelis hakim apakah menerima putusan atau menyatakan banding. Untuk terdakwa Ujang Supadi beserta penasehat Amalbi langsung menjawab menerima putusan sedangkan JPU menyatakan banding tanpa pikir-pikir terlebih dahulu. Sedangkan untuk terdakwa Zaki Adriansyah dan Aji Pramana Yudha maupun JPU serentak menjawab menerima putusan tersebut. (jan/ltf)




Loading Facebook Comments ...