Search

Bawaslu  Akan Awasi  Media dan Wartawan  Tak Patuh Kode Etik

Elya Anggraini, saat menjadi narasumber sosialisasi tentang Perbawaslu nomor 4 Tahun 2018 di Situbondo. (foto:fat)
Elya Anggraini, saat menjadi narasumber sosialisasi tentang Perbawaslu nomor 4 Tahun 2018 di Situbondo. (foto:fat)
Situbondo-Selama masa kampanye, baik pada pelaksaaa Pileg maupun Pilpres, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  akan mengeluarkan rekomendasi kepada media atau wartawan yang tidak patuh pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ),  dalam menghasilkan karya jurnalistiknya. Rekomendasi tersebut mulai dari peringatan sampai kepada penonaktifkan media yang dianggap melanggar KEJ.
Pernyataan  tersebut disampaikan Nur Elya Koordinator Divisi Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Timur, saat menjadi narasumber dalam sosialisasi tentang Perbawaslu nomor  4 Tahun 2018. Bahkan, pihaknya telah  melakukan koordinasi dengan para pihak antara lain,  Dewan Pers, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
“Sesuai dengan amanat Undang-undang,  kami memang ditugasi untuk memantau dan mengawasi kerja media selama masa kampanye. Kami juga sudah membentuk gugus tugas yang terdiri dari Bawaslu, KPU, KPI dan Dewan Pers,”ujar Nur Elya.
Menurutnya, pemantauan terhadap wartawan dan media ini berlangsung selama masa kampanye, yakni dalam jangka waktu  7 bulan lamanya. Pemberitaan yang dinilai melanggar KEJ, akan ditindaklanjuti oleh Bawaslu untuk memberikan rekomendasi kepada media tersebut melalui Dewan Pers.
“Meski demikian, hingga kini, kami  masih belum menemukan produk jurnalistik yang memberitakan terkait pemilu dan  melanggar KEJ,”imbuhnya.
Lebih jauh perempuan  yang akrab dipanggil Elya menambahkan, jika media yang  akan mendapat pengawasan dan pemantauan Bawaslu,  adalah semua media yang memenuhi syarat sebagai perusahaan pers, bukan hanya media yang terverifikasi oleh Dewan Pers.
“Namun, yang akan mendapat pengawasan adalah semua media yang memenuhi standar perusahaan pers,  semua media tersebut  patut  diawasi,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...