Search

Bawaslu: KPU Terbukti Telah Melanggar Dalam Input Data Situng

Bawaslu) menyatakan KPU terbukti  secara sah telah melanggar tata cara pengimputan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) pada Pilres 2019. (foto:ist)
Bawaslu) menyatakan KPU terbukti secara sah telah melanggar tata cara pengimputan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) pada Pilres 2019. (foto:ist)

Jakarta,reportasenews.com  – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan KPU terbukti  secara sah telah melanggar tata cara pengimputan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) pada Pilres 2019 dan memerintahkan KPU untuk memperbaiki tata cara dan presedur input data dalam Situng.

Keputusan tersebut dinyatakan dalam sidang Bawaslu yang digelar di kantor Bawaslu di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, (16/05/2019).

Sidang digelar untuk menindaklanjuti laporan dari tim Badan Pemenangan (BPN) pada Kamis, (2/5) yang melaporkan adanya kecurangan dalam Situng KPU yang teregistrasi dengan Nomor 07/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019. Dalam laporannya BPN meminta agar Situng KPU dihentikan.

Dalam putusannya Bawaslu menyatakan KPU telah melanggar administrasi pemilu terkait tata cara penginputan Situng. Namun demikian, Bawaslu tetap meminta Situng dipertahankan. Dengan catatan harus mengedepankan ketelitian dan akurasi dalam memasukkan data sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

Anggota Majelis Ratna Dewi mengatakan KPU berkewajiban untuk memastikan data yang dimasukkan dalam Situng website KPU 2019 adalah data yang valid telah terverifikasi dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik sehingga tidak menimbulkan keresahan di dalam masyarakat dan memastikan kepada masyarakat bahwa KPU telah menjadi pemilu secara transparan, independen, imparsial, dan berkeadilan. (Tjg)




Loading Facebook Comments ...