Search

Baznas Gresik Apresiasi Unit Pengumpul Zakat

Penasehat Baznas Kabupaten Gresik H Moh Qosim saat memberikan apresiasi kepada salah satu unit pengumpul zakat. (foto: dik)
Penasehat Baznas Kabupaten Gresik H Moh Qosim saat memberikan apresiasi kepada salah satu unit pengumpul zakat. (foto: dik)

Gresik, reportasenews.com – Sebuah terobosan dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik untuk para wajib Zakat (Muzakki) di Gresik. Kali ini, Baznas Gresik meluncurkan kode QR (quick response) untuk para Muzakki yang tergabung dalam nasabah Bank Jatim.

Peluncuran penggunaan kode QR ini dilaksanakan di Aula Masjid Agung Gresik (MAG) pada Rabu (24/4/2019) oleh Wakil Bupati Gresik  H Mohammad Qosim yang juga Penasehat Baznas Gresik. Selain peluncuran kode QR tersebut, Baznas Gresik juga mengapresiasi dengan memberikan penghargaan serta hadiah kepada 28 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se-Kabupaten Gresik.

“Silakan para wajib pajak terutama para ASN Pemkab Gresik yang sekaligus sebagai nasabah Bank Jatim bisa langsung melakukan scanning kode QR Baznas ini, sekaligus mengetik jumlah nominal zakat yang akan diberikan. Dengan kode QR ini para Muzakki PNS Pemkab Gresik bisa lebih mudah dalam memberikan zakat” papar Qosim memberi petunjuk.

Masih dalam sambutannya, Wabup Qosim yang telah menerimakan penghargaan dan hadiah ini menyatakan terima kasih kepada para UPZ yang selama ini telah bekerja dengan baik. Sehingga target zakat Baznas Gresik terutama pemungutan zakat profesi dapat terlampaui.

“Penghargaan dan hadiah ini merupakan bentuk apresiasi untuk memotivasi kepada para UPZ agar terus melaksanakan kebaikan ini di wilayah kerjanya masing-masing. Semoga tahun depan terget yang telah dicanangkan oleh Baznas Gresik bisa tercapai dan bahkan terlampaui” katanya optimis.

Atas prestasi para UPZ, Ketua Baznas Gresik, Abdul Munif menyatakan optimis tahun depan yaitu pada tahun 2019 yang telah mencanangkan target zakat sebesar Rp. 8,5 miliar ini bisa tercapai. Seperti halnya tahun 2018 yang saat itu dirinya mentargetkan perolehan Zakat sebesar Rp. 7,5 miliar dapat terlampaui dan memperoleh Rp. 7,7 miliar.

“ Jumlah Muzakki yang terdaftar sampai saat ini mencapai 6913 dengan jumlah UPZ sebanyak 205 lembaga. Sedangkan jumlah Mustahid yang mendapat zakat dari Baznas Gresik sebanyak 24 ribu orang. Kami berencana tahun-tahun yang akan datang bisa lebih berkembang, baik jumlah Muzakki maupun Mustahid yang akan menerima” tandasnya berharap.

Pihaknya juga berencana pada tahun mendatang pihak Baznas Gresik akan membentuk UPZ di warung kopi. Hal ini berorientasi dari maraknya warung kopi yang banyak bertebaran di berbagai wilayah Kabupaten Gresik.

Selain mengundang para UPZ, Pada kegiatan tersebut Baznas Gresik juga mengundang Ketua MUI Gresik, KH. Mansyur Shodiq, Ketua Baznas Propinsi Jawa Timur yang di hadiri oleh KH. Abdul Rahman Navis . (dik)




Loading Facebook Comments ...