Search

Begini Panduan Cara Cepat Membuat Visa Korea Selatan

Sumber: paspor net
Sumber: paspor net

Jakarta, reportasenews.com – Selain Jepang, salah satu negara Asia yang diincar wisatawan Indonesia adalah Korea Selatan. Ini adalah imbas dari invasi besar-besaran Korea Selatan ke Indonesia. Simak saja berbagai drama Korea yang tidak hanya menawarkan cerita menarik, tapi juga kuliner yang tampak lezat serta tempat wisata Korea Selatan yang tidak kalah indahnya. Belum lagi tren-tren kecantikan Korea Selatan yang menjadi kiblat makeup perempuan-perempuan Asia.

Tidak heran ketika berbondong-bondong warga Indonesia membeli tiket pesawat dari maskapai yang membuka rute penerbangan langsung kesana, seperti Korean Air. Tak lupa mengajukan visa ke Korea Selatan untuk bisa menikmati langsung keindahan negeri itu. Apakah membuat visa Korea Selatan itu mudah? Tentu saja, jika kamu mengikuti panduan cara cepatnya.

Ikuti Persyaratan Membuat Visa Korea Selatan dengan Cermat

Semua visa akan mudah dibuat jika mengikuti persyaratan membuat visa secara lengkap dan detil seperti yang diminta. Seperti menyiapkan dokumen utama Formulir Aplikasi Permohonan Visa, Foto Berwarna 1 lembar ukuran 3,5cm x 4,5cm berlatar belakang putih, serta Paspor Asli beserta Fotokopinya.

Dokumen Lain yang Dibutuhkan

Siapkan juga Kartu Keluarga dan dokumen hubungan kekeluargaan jika akan bepergian dengan anggota keluarga atau dengan status tanggungan orangtua. Untuk yang sudah bekerja, perlu menyiapkan surat keterangan kerja dan fotokopi SIUP tempat bekerja. Bagi yang masih bersekolah wajib melampirkan surat keterangan mahasiswa/pelajar sebagai bukti akan kembali setelah mengajukan ijin wisata ke Korea Selatan. Dokumen lain yang diperlukan adalah Fotokopi Bukti Keuangan sebagai bukti sanggup hidup di Korea dengan harta yang dimiliki.

Biaya Pembuatan Visa Korea Selatan

Siapkan juga biaya dari jenis pembuatan visa yang akan diajukan, mulai dari single visa di bawah 90 hari, single visa di atas 90 hari, multiple visa yang berlaku 5 tahun, hingga double visa yang berlaku untuk dua kali masuk selama 6 bulan.

Lama Pembuatan Visa Korea Selatan

Kalau telah mengikuti prosedur pembuatan yang sesuai dengan persyaratan, ada lagi yang perlu ditambahkan dari proses lamanya. Yaitu jenis visa yang diajukan. Untuk multiple visa ke Korea Selatan, dapat diambil sehari setelah diajukan. Namun untuk jenis visa lainnya bisa diambil dalam waktu 4 sampai 6 hari kerja, terhitung setelah hari pengajuan. Dengan catatan, visa sudah diterima Korea Selatan.

Tips Penting Pembuatan Visa Korea Selatan

Pastikan kamu tidak memiliki catatan kriminal saat memohon visa Korea Selatan. Kamu juga tidak boleh memiliki riwayat bekerja ilegal khususnya di Korea Selatan. Untuk jumlah nominal data keuangan, pihak Kedubes tidak melihat nominal tapi melihat nilainya yang stabil. Akan lebih baik jika kamu melampirkan tiket penerbangan dengan Korean Air pulang pergi, meskipun pihak Kedubes tidak mewajibkan.

Korea Selatan cukup ketat dalam mengijinkan tipe wisatawan yang akan berkunjung ke negaranya. Pastikan saja persyaratan membuat visa Korea Selatan terpenuhi sesudah memiliki tiket pesawat Korean Air untuk traveling ke sana.(*)




Loading Facebook Comments ...