Search

Bemo Perpustakaan Teman Anak Anak

Bemo Perpustakaan milik Sutino di kawasan Benhil, Jakarta Pusat
Bemo Perpustakaan milik Sutino di kawasan Benhil, Jakarta Pusat

Jakarta, reportasenews.com – Moda transportasi di Jakarta saat ini berkembang sangat pesat. Berbagai jenis dan merk kendaraan lalu lalang memenuhi jalanan ibukota. Namun siapa sangkan diantara kendaraan modern  tersebut masih ada terselip transportasi umum tempo dulu.

Bemo, begitu nama kendaraan roda3 yang pernah rpopuler ditahun  70 an ini. Moda transportasi asal  jepang  ini masih melayani  penumpang setianya di bilangan Karet Tengsin, Bendungan Hilir Jakarta. Pusat.

Sutino adalah salah satu orang yang terus mencoba  peruntungan dengan menjadi pengemudi kendaraan roda tiga ini. Pria yang akrab disapa Kinong ini masih menekuni profesinya sepagai pengemudi bemo sejak 30 tahun lalu.

Dalam sehari Kinong bisa memeperoleh penghasilan Rp 100 ribu dari hasil narik bemo. Dan dirinya sangat menyukai pekerjaannya.

“Alhamdulillah walaupun banyak saingan saya masih bisa dapat rezeki dari narik bemo,” ujar pria 58tahun ini.

Disela sela kesibukan mengemudi bemo Kinong ternyata punya kegiatan lain. Sebuah bemo  lain miliknya ia  sulap jadi perpustakaan keliling. Buku-buku hasil sumbangan  ia susun dengan rapi di dalam bemo miliknya. Setiap akhir pekan ia berkeliling kampung untuk menawarkan buku.

Anak anak menjadi pengunjung setia Bemo Perpustakaan

Anak anak menjadi pengunjung setia Bemo Perpustakaan

Pelanggannya kebanyakan adalah anak anak mereka sangat senang  dan antusias jika perpustakaan bemo kinong datang, salah satunya Yuni yang menjadi pengunjung setia Bemo  Perpustakaan Kinong.

“Saya senang bisa banyak baca buku disini”, ujay Yuni disela sela membaca buku koleksi Bemo Perpustakaan.

Banyak cara yang dapat dilakukan  untuk berbuat kebaikan bagi lingkungan sekitar. Tetapi tidak banyak yang bisa melakukan niat luhur seperti Kinong. (Efiana A / M Syarbaini)

 




Loading Facebook Comments ...