Search

Benarkah ISIS Telah Dikalahkan ?

bandicam 2019-03-25 20-56-45-253

Jakarta, Reportasenews.com – Setelah Amerika mengumumkan kekalahan ISIS di Suriah pada hari Sabtu (23/3), Pasukan Demokrat Suriah (SDF) menyatakan “penghapusan total dari apa yang disebut kekhalifahan.”

Pasukan SDF, yang mengepung Baghouz selama berminggu-minggu diarak untuk mengenang belasan ribu kawan mereka yang terbunuh selama berperang bertahun-tahun melawan ISIS.

SDF mengklaim ISIS telah kehilangan 100% wilayah yang pernah dikuasainya di Suriah setelah dua bulan pertempuran dan pengepungan yang melelahkan hingga anggota-anggota ISIS berusaha menyerah dalam benteng terakhir mereka.

Dua bulan lalu SDF, terus menggiring ISIS ke daerah kecil di sepanjang Sungai Efrat di Suriah dekat kota Baghouz.

Sekitar 2.000 anggota ISIS berusaha menyerah pada Januari. Anggota SDF merasa lega. Benteng ISIS terakhir sepertinya akan menyerah.

Namun SDF ternyata salah perhitungan jumlah anggota ISIS di Baghuz. Diluar dugaan ada hampir 30.000 yang bersembunyi. mereka adalah perempuan dan anak-anak, termasuk ratusan sukarelawan asing dari 43 negara di dunia.

 

Sebelumnya, Amerika mengklaim bahwa ISIS telah dikalahkan sejak Desember lalu. Namun pertempuran melawan ISIS terus terjadi di tengah keputusan AS untuk menarik pasukan di Suriah.

Sementara itu, para pejabat Iran berusaha menekan AS untuk meninggalkan Suriah timur. Selain itu, Rusia dan Turki juga telah berusaha menekan AS untuk meninggalkan Suriah. Turki bahkan mengancam akan melancarkan operasi melawan SDF di daerah yang disebut Manbij di Suriah utara.

Jadi benarkah ISIS telah dikalahkan ?. Masih ada ribuan pejuang ISIS yang melarikan diri ke daerah-daerah terpencil. Ada juga puluhan ribu tahanan ISIS, termasuk lebih dari 3.000 anggota ISIS asing yang berusaha keras melawan SDF. Amerika telah meminta negara-negara untuk mengambil kembali warganya yang bergabung dengan ISIS. Namun, hanya beberapa negara yang setuju.

Di provinsi Anbar Irak, yang persis di seberang perbatasan dari Baghuz, ISIS telah melakukan serangan. Semua ketidakpastian ini bisa jadi kekalahan ISIS hanyalah transisi ke fase baru. (dw/berbagai sumber)




Loading Facebook Comments ...