Search

Berebut Berkah di Grebeg Syura

Warga berebut gunungan dalam acara Grebeg Syura
Warga berebut gunungan dalam acara Grebeg Syura

BANYUMAS, REPORTASE – Aksi saling dorong dan desak-desakan mewarnai perebutan gunungan dalam prosesi Grebeg Syura di lokasi wisata Baturaden Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (30/10).

Begitu gunugan sampai di kawasan Baturraden, warga yang sudah tak sabar ini, langsung menyerbu dua gunungan berisi hasil bumi. Saling dorong, hingga berdesak desakan berebut gunungan pun tak terhindarkan.

Tak hanya anak anak, orang dewasa bahkan orang tua pun ikut dalam perebutan tersebut. Para penjaga gunungan tak bisa berbuat banyak, mereka hanya bisa membiarkan warga saling berebut mengambil hasil bumi.

Rebutan gunungan yang berisi hasil bumi ini, merupakan salah satu rentetan dari prosesi ritual Grebeg Syura merayakan tahun baru Islam yang digelar lokasi wisata Baturaden. Sebelum diperebutkan, dua buah gunungan ini diarak keliling lokasi wisata.

Siti salah satu warga mengaku saya senang mengikuti rebutan gunungan berisi hasil bumi. Ia percaya mendapatkan hasil bumi dari gunungan bisa mendatangkan rejeki dan berkah.

“Saya dapat sayuran,kelapa,wortel dan kacang dan ini menjadi berkah”, ujar Siti.

Arak-arakan gunungan ini diharapkan bisa menjadi ikon Banyumas, apalagi event tahunan  ini juga banyak  mengundang perhatian warga dan wisatawan dari berbagai daerah. (kus)

 




Loading Facebook Comments ...