Search

Bhayangkari Papua Akan Ikuti Pentas Budaya di Jepang

Baju dari Noken saat diperagakan anak Papua untuk dipromosikan ke Jepang. ( foto : riy )
Baju dari Noken saat diperagakan anak Papua untuk dipromosikan ke Jepang. ( foto : riy )

Jayapura, reportasenews.com – Bhayangkari di empat Polda seluruh Indonesia, termasuk Polda Papua akan menjadi duta budaya untuk mengikuti pentas budaya di Jepang pada 28-29 Juli 2018. Pentas budaya ini dihelat dalam rangka partisipasi 60 tahun hubungan diplomatik RI-Jepang 60.

Ketua Bhayangkari Polda Papua Ny. Ira Boy Rafli kepada wartawan di Mapolda Papua, Mengatakan, keberangkatan mereka merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

“Mungkin pertimbangannya adalah karena seringnya kami dari pengurus Bhayangkari Papua mempromosikan budaya Papua di tingkat daerah maupun di tingkat pusat, sehingga ibu kapolri melihat aktivitas mengembangkan budaya daerah Papua cukup intens,” katanya.

Sebanyak 11 orang dari Bhayangkari Papua akan diberangkatkan ke Jepang nanti, terdiri dari 6 orang Bhayangkari Polda Papua, mulai dari Bhayangkari Polres Merauke, Polres Jayapura dan Polres Jayapura Kota.

Dalam keberangkatan ke Jepang itu dari bhayangkari Polda Papua berjumlah 11 orang. Tim yang berangkat tersebut diupayakan sebagaian besar adalah ibu-ibu bhayangkari asli Papua.

Selain 11 orang tersebut, Istri direktur Polair, istri Kapolres Jayapura, istri Kabid Humas Polda Papua dan ibu Kapolda. Selain itu, satu pejabat lainnya akan disertakan, yaitu, ibu Bhayangkari Imelda Wenda dari Polres Merauke yang akan mendemonstrasikan Noken Papua.

Ia mengharapkan agar keberangkatan mereka mampu membawa dan memperkenalkan budaya Papua ke kancah internasional, dalam hal ini adalah Jepang.

“Untuk kegiatan di sana akan dipentaskan dua kali yaitu di wilayah Tokyo, karena di situ akan diadakan perform tentang budaya dari seluruh negara. Artinya Bhayangkari Polda Papua akan menari di sana dengan membawakan tarian Papua,” katanya.

Pentas budaya ini untuk diketahui oleh masyarakat Papua sebagai salah satu bentuk Bhayangkari Polda Papua untuk mendukung tugas polri,menaikkan citra polri dengan membawa misi budaya.

“Kita tugas di Papua bukan untuk mendampingi suami saja tapi kami juga menggali seluruh budaya dari Papua. Berangkat tanggal 26 Juli dan pentas budayanya tanggal 28 dan 29 Juli dan akan kembali pada tanggal 30 Juli,” katanya. (riy)




Loading Facebook Comments ...